Bisa Curi Email dan Password, Hapus 3 Aplikasi Android Ini dari HP Anda!

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 21:43 WIB
loading...
Bisa Curi Email dan Password, Hapus 3 Aplikasi Android Ini dari HP Anda!
Ada aplikasi-aplikasi berbahaya yang di duga bisa mencuri informasi pribadi pengguna lewat mekanisme login Facebook. Foto: ist
JAKARTA - Google Play Store terus berupaya memperketat keamanan mereka dari aplikasi-aplikasi berbahaya. Tapi, tetap saja para hacker terus mencari celah untuk menyelipkan berbagai malware sembunyi-sembunyi.

BACA JUGA: Tes Ketahanan Baterai Xiaomi Redmi 10 untuk Ngegame

Aplikasi-aplikasi terlarang tersebut di duga bisa mencuri informasi pribadi pengguna. Termasuk informasi login dan bahkan detail pembayaran. Jika Anda masih menginstal aplikasi-aplikasi ini di ponsel Anda, cepat hapus sekarang juga.

Di perhelatan Google I/O tahun ini, Google mengungkapkan bahwa ada 3 miliar perangkat Android aktif di seluruh dunia. Bayangkan jika ada 1 persen saja pengguna yang telah menginstal aplikasi ini di ponsel mereka, banyak sekali pengguna yang telah terdampak.

Untungnya, aplikasi-aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play Store . Perusahaan keamanan Kaspersky mendapati bahwa para scammer menggunakan mekanisme login Facebook untuk mengelabuhi pengguna agar memasukkan email dan password.



Tombol “Login with Facebook” memang lazim ditemui dan sangat disenangi oleh pengguna. Karena lebih cepat untuk membuat identifikasi ke aplikasi baru, tanpa harus membuat username dan password baru.

Meski demikian, menurut Kaspersky ada aplikasi-aplikasi berbahaya yang menggunakan tombol login untuk mencuri dan menyimpan informasi dari pengguna, email hingga kata sandi. Apa saja aplikasinya?

1. Magic Photo Lab - Photo Editor

2. Blender Photo Editor-Easy Photo Background Editor

3. Pix Photo Motion Edit 2021

BACA JUGA: Ini Janneke Parrish, Karyawan Apple yang Dipecat Karena Buka Borok Perusahaan

Aplikasi-aplikasi ini sudah dihapus dari Google Play Store. Tapi, jika salah satunya ada di ponsel Anda, segera hapus secepatnya. Selain itu, segera ganti Password untuk login di Facebook pengguna.
(dan)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE