WhatsApp Rilis Fitur Enkripsi Keamanan Baru, Begini Cara Menggunakannya

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 17:18 WIB
loading...
WhatsApp Rilis Fitur Enkripsi Keamanan Baru, Begini Cara Menggunakannya
Fitur keamanan baru ini memberi perlindungan ekstra bagi mereka yang menggunakan layanan backup chat WhatsApp di cloud. Foto: ist
A A A
JAKARTA - WhatsApp merilis fitur enkripsi baru ketika pengguna melakukan backup WhatsApp chat mereka. Enkripsi dari ujung ke ujung (end-to-end encryption) WhatsApp yang dirilis untuk platform Android dan iOS di seluruh dunia ini sudah ditunggu-tunggu pengguna.

Mengapa? Sebab, sebagai layanan chat terbesar di dunia, banyak sekali celah yang berupaya dimanfaatkan oleh oknum alias orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk membajak akun, menipu, bahkan menguras rekening pengguna WhatsApp.



Karena itu, perlindungan keamanan berupa enkripsi membuat pihak ketiga sulit untuk melakukan hack ke akun pengguna.

Tapi pengguna harus bersabar. Sebab, fitur enkripsi ini akan dirilis secara bertahap di pengguna WhatsApp di seluruh dunia untuk memastikan tidak ada bug atau celah di fiturnya.

Apa Itu Enkripsi WhatsApp?
WhatsApp chat backup encryption atau enkripsi di layanan backup chat WhatsApp adalah layanan perlindungan keamanan berupa enkripsi dari ujung ke ujung untuk pesan yang dikirim melalui platform mereka.

Ini artinya tidak ada cara untuk mengetahui isi pesan yang dikirim kecuali menggunakan di aplikasi WhatsApp pengirim maupun penerima. Pesan-pesan yang dikirim hanya akan disimpan di kedua perangkat (pengirim dan penerima) saat mereka bercakap-cakap.

Sebelumnya, fitur enkripsi ini tidak ada. Terutama untuk obrolan WhatsApp Anda yang di-backup ke cloud (di Google Cloud untuk pengguna Android atau iCloud untuk pengguna iOS).

Dengan fitur baru ini, semua chat pengguna yang telah di-backup di Google Cloud atau iCloud juga di-enkripsi. Apa artinya? Artinya chat pengguna hanya bisa dilihat oleh mereka saja. Orang lain tidak bisa melihat chat yang di backup pengguna lain.

WhatsApp mengklaim, tidak ada layanan online messaging lain yang memberikan level keamanan seperti yang mereka lakukan. Semua salinan obrolan pengguna baik teks, pesan suara, video, terlindungi oleh enkripsi.

Cara Menggunakan Fitur Enkripsi WhatsApp

Untuk menggunakan layanan baru enkripsi WhatsApp, pastikan software WhatsApp sudah yang terbaru.

Setelah itu, lakukan ini: buka Settings > Chats > Chat Backups > End-to-End Encrypted Backup.



Pengguna akan bisa membuat password atau encryption key 64-digit untuk chat dan data penting mereka yang telah di backup. WhatsApp memastikan tidak ada yang bisa membaca data chat pengguna yang telah di enkripsi. Baik itu WhatsApp sendiri, ataupun operator seluler.
(dan)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1974 seconds (0.1#10.140)