YouTube Catat 100 Juta Penonton Unik Setiap Bulan, Apa Saja yang Dilihat?

Jum'at, 15 Oktober 2021 - 19:05 WIB
loading...
YouTube Catat 100 Juta Penonton Unik Setiap Bulan, Apa Saja yang Dilihat?
YouTube mengumumkan ada lebih dari 100 juta penonton unik berusia di atas 18 tahun di Indonesia. Foto/dok
A A A
JAKARTA - YouTube mengumumkan ada lebih dari 100 juta penonton unik berusia di atas 18 tahun di Indonesia yang menonton video di platformnya setiap bulan.

Data tersebut berdasarkan survei yang dilakukan oleh ComScore VMX yang jumlahnya naik sekitar 30 persen daripada tahun kemarin. Sebagian besar pertumbuhan ini datang dari kota-kota di tingkat 2 dan 3, dengan waktu tonton mencapai 4,3 jam per hari.

Di Indonesia dari Q1 2020 hingga Q1 2021 waktu tonton video drama, keuangan, dan perawatan kulit secara keseluruhan naik lebih dari dua kali lipat. Sementara, penonton video makanan naik 40% dalam periode satu tahun dan video tentang game RPG naik 70%.



Sedangkan waktu tonton video perawatan kulit pria naik dua kali lipat dalam periode satu tahun yang sama.

"Kenaikan waktu tonton hingga 100% untuk video terkait keuangan menunjukkan jumlah waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mempelajari kemampuan baru selama pandemi,” ucap Randy Jusuf, Managing Director Google Indonesia, dalam keterangan tertulis, Jumat (15/10/2021).

"Studi yang kami lakukan pada Juni 2021 menyoroti hal ini dan menunjukkan bahwa ada semakin banyak Gen-Z yang semakin melek dengan literasi keuangan, seperti belajar investasi dan pengelolaan keuangan," sambungnya.

YouTube juga mengungkap ada 1.000 channel di Indonesia yang jumlah subscribernya lebih dari satu juta.

Selain itu ada 25 kreator Indonesia yang telah mendapatkan Diamond Play Button karena berhasil melampaui 10 juta subscriber.



Semua kreator ini membuat video dalam berbagai format, mulai dari YouTube Shorts hingga video berdurasi panjang dan live streaming.

"Banyaknya format iklan yang tersedia di YouTube memungkinkan brand untuk mendorong tindakan dan memungkinkan kreator konten untuk menjangkau audiens baru yang lebih luas,” ujar Yolanda Sastra, Head of Ads Marketing di Google Indonesia.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3849 seconds (0.1#10.140)