Samsung Smart TV Kini Bisa Diperintah dengan Bahasa Indonesia

Selasa, 12 Oktober 2021 - 07:46 WIB
loading...
Samsung Smart TV Kini Bisa Diperintah dengan Bahasa Indonesia
Smart TV Samsung sudah mendukung Google Voice Assistant sehingga bisa diperintah memakai bahasa Indonesia. Foto: dok SEIN
JAKARTA - Smart TV Samsung keluaran 2021 kini bisa diperintah menggunakan bahasa Indonesia. Mulai lini Neo QLED 8K TV, Neo QLED 4K TV, QLED 4K TV, Lifestyle TV, Crystal UHD, hingga Super Smart 4K.

Smart TV Samsung tersebut diatas memang sudah mendukung Google Voice Assistant . Pengguna di Indonesia bisa menikmati kemudahan dalam menyampaikan perintah suara dalam Bahasa Indonesia melalui Google Assistant, di samping bahasa Inggris lewat asisten suara Bixby.

BACA JUGA: 4 Alasan Galaxy Z Flip3 Smartphone Paling Fashionable di 2021

Fomalhaut Sundamen, Head of TV Product Marketing, Samsung Electronics Indonesia mengatakan, dibanding mengetikkan hal yang ingin dicari, menggunakan perintah suara jadi cara yang lebih cepat untuk mengontrol TV.



”Dengan Google Voice Assistant di Samsung Smart TV, ada pilihan asisten baru bagi para pemilik Samsung TV di Indonesia . Juga, kemudahan dalam memberi perintah dalam Bahasa Indonesia,” jelas Fomalhaut.

Samsung Smart TV Kini Bisa Diperintah dengan Bahasa Indonesia

Apa saja perintah yang bisa dilakukan? Macam-macam. Pengguna Samsung Smart TV bisa mencari video atau film tertentu di YouTube, meminta rekomendasi konten, menanyakan agenda di Google Calendar, dan banyak lagi.

Caranya, cukup tekan tombol mikrofon di remote TV dan ucapkan “Putar video yoga di YouTube” untuk memulai pagi dengan olahraga, “Bagaimana cuaca hari ini?” atau “Apa agenda saya hari ini?” untuk menyusun jadwal hari itu, hingga “Putar film action terbaru” untuk rehat seusai kerja.

Fomalhaut mengatakan, Samsung Smart TV sudah mendukung berbagai aplikasi VOD lokal dan internasional seperti Mola, Vidio, Youtube, Netflix, HBO.

Voice assistant dapat diakses melalui One Remote, remote control serbaguna yang bisa digunakan juga untuk mengendalikan soundbar, konsol game, hingga driver USB yang terhubung ke TV.

Fitur PC on TV memungkinkan pengguna melakukan mirroring layar PC, laptop, maupun smartphone ke layar TV. Bahkan, sudah mendukung Office 365 untuk mengerjakan dokumen secara online dan menyimpannya di cloud.



BACA JUGA: 5 Penguasa Pasar Smartphone Indonesia Menurut IDC dan Counterpoint

Untuk pembelian Samsung Smart TV pilihan hingga 31 Oktober 2021, Samsung memberikan cashback, hadiah langsung, dan gratis paket 3 bulan langganan Entertainment & Sport Double Stream in 4K di Mola dan Vidio Premier Platinum.
(dan)
Komentar Anda
TEKNO UPDATE