Begini Serunya Xiaomi Pad 5 untuk Ngegame, Ngedit Video, dan Nonton Drakor

Selasa, 05 Oktober 2021 - 09:52 WIB
loading...
Begini Serunya Xiaomi Pad 5 untuk Ngegame, Ngedit Video, dan Nonton Drakor
Xiaomi Pad 5 membuat kegiatan menonton drama Korea jadi jauh lebih nyaman dengan layar 11 inci. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Xiaomi Pad 5 adalah tablet yang memang dirancang untuk fungsi-fungsi multimedia lewat layar 11 inci WQHD+ yang lega, prosesor Snapdragon 860 yang kencang, serta baterai 8.720 mAh yang tahan lama.

Aktivitas work from home dan school from home selama pandemi memang mengerucutkan kebutuhan terhadap perangkat tablet. Mengapa harus tablet? Karena harganya relatif terjangkau (dibandingkan laptop), layarnya besar, spesifikasinya tinggi, serta fungsinya yang hybrid untuk bekerja dan hiburan.



Menyoal hiburan, memang pengalaman multimedia yang dirasakan Sindonews saat menggunakan Xiaomi Pad 5 berada di level berbeda dibanding ponsel atau laptop. Tablet membuat kegiatan seperti menonton streaming, bermain game, berselancar internet, hingga video conference jauh lebih seru dan menyenangkan.

Kuncinya, ternyata ada dua. Pertama, terkait warna, kecerahan, serta ketajaman gambar Xiaomi Pad 5 yang akurat di layar 11” WQHD+ 10 bit 120Hz yang sudah dibekali Dolby Vision dan DCI-P3.

Faktor kedua adalah Quad Stereo Speakers. Xiaomi Pad 5 memiliki masing-masing dua speaker di setiap sisinya. Sudah di dukung Dolby Atmos, Xiaomi 3D stereo sound, serta Hi-res audio dan Hi-res audio wireless.

Susunan keempat speaker mampu memberi sensasi suara imersif. Ini terasa sekali saat memutar musik, ngegame, ataupun menonton film. Tidak perlu lagi speaker Bluetooth eksternal.

Nah, berikut pengalaman Sindonews saat memakai Xiaomi Pad 5 untuk fungsi multimedia:

Menonton Video Streaming

Setelah lelah bekerja/sekolah, menonton video streaming jadi aktivitas pelepas penat yang menyenangkan. Jika sebelumnya Sindonews sudah terbiasa menonton di layar ponsel 6,5 inci, memang cukup mengagetkan ketika berganti ke layar 11 inci di Xiaomi Pad 5 .

Kaget karena pengalaman menonton jauh lebih seru dan imersif. Waktu Sindonews yang dihabiskan untuk menonton juga jadi lebih banyak. Ternyata alasannya tidak melulu dari ukuran layar. Tapi juga ketajaman serta akurasi warna yang nyaman di mata.

Ngegame
Begini Serunya Xiaomi Pad 5 untuk Ngegame, Ngedit Video, dan Nonton Drakor

Memainkan game di layar 11 inci (setara laptop) benar-benar pengalaman yang seru dan memanjakan mata. Entah itu game first person shooter (FPS) seperti Call of Duty Mobile, game action role-playing game Genshin Impact, game MOBA Mobile Legends: Bang Bang, hingga game kasual seperti Worms Zone. Ngegame terasa jauh lebih adiktif.

Salah satunya karena Xiaomi Pad 5 sudah memakai chipset high end Qualcomm Snapdragon 860 (7 nm). Artinya, dengan tablet ini Sindonews merasa percaya diri untuk melibas game apapun tanpa khawatir ngelag. Game-game dengan gerakan cepat seperti PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile pun terasa smooth atau responsif dan lancar sekali lewat refresh rate yang mencapai 120Hz.

Membaca dan Media Sosial
Begini Serunya Xiaomi Pad 5 untuk Ngegame, Ngedit Video, dan Nonton Drakor

Salah satu kegiatan favorit Sindonews adalah membaca. Baik itu membaca berita di Sindonews, artikel di Quora, LinkedIn, Facebook, hingga scrolling lini masa media sosial seperti Twitter dan Instagram. Di layar tablet 11 inci, kegiatan ini lebih nyaman karena hurufnya lebih besar.

Di malam hari, fitur True Display di layar bisa meminimalisir cahaya biru sehingga lebih nyaman untuk mata. Menatap layar berjam-jam untuk membaca dokumen panjang tidak lagi terasa melelahkan.

Menonton YouTube

Untuk mengoptimalkan kemampuan layar Xiaomi Pad 5 , cukup sering Sindonews menonton video-video YouTube dengan durasi optimal yang visualnya memukau. Misalnya film-film dokumenter dari National Geographic, atau vlog dari kreator yang dikenal dengan gaya sinematiknya seperti Sam Kolder hingga Peter McKinnon.

Mengedit Video
Begini Serunya Xiaomi Pad 5 untuk Ngegame, Ngedit Video, dan Nonton Drakor

Sindonews mencoba untuk mengedit video berukuran Full HD di Xiaomi Pad 5 dan terkejut bagaimana prosesnya terasa sangat gegas. Memotong, memindah-mindah video, hingga menambah efek. Termasuk kecepatan merender video berdurasi 8 menit lewat aplikasi VN yang juga terbilang cepat.

Favorit Sindonews adalah High Brightness Mode dengan Sunlight Display 3.0 di layar Xiaomi Pad 5 yang mencapai 650 nit. Ketika di café outdoor dengan matahari terik, Sindonews masih bisa menatap layar dengan cukup nyaman.

Video Conference
Begini Serunya Xiaomi Pad 5 untuk Ngegame, Ngedit Video, dan Nonton Drakor

Pengguna yang setiap hari melakukan video conference untuk meeting atau school from home memang direkomendasikan memakai tablet. Sebab, jauh lebih nyaman berkomunikasi video di layar yang lebar.

Wajah para peserta/panelis di Zoom jadi terlihat jauh lebih jelas, materi presentasi juga tampak jauh lebih besar dan detil dibanding di ponsel biasa. Apalagi, kamera depan 8 MP Xiaomi Pad 5 bisa menangkap video 1080p, sehingga wajah kita terlihat jernih.



Dan yang membedakannya dengan laptop, Xiaomi Pad 5 bisa diajak streaming video seharian tanpa harus mencari colokan. Baterai 8.720 mAh dengan fast charging 22.5W membuat Xiaomi Pad 5 jadi perangkat yang dapat diandalkan di dalam atau di luar rumah. Pengguna tidak harus panik mencari colokan.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2202 seconds (0.1#10.140)