Mengenal Teknologi Adaptive Sync di Xiaomi Redmi 10, Ini 3 Keunggulannya

Rabu, 29 September 2021 - 11:46 WIB
loading...
Mengenal Teknologi Adaptive Sync di Xiaomi Redmi 10, Ini 3 Keunggulannya
Adaptive Sync mengatur refresh rate di layar secara dinamis, menyesuaikan aktivitas pengguna sehingga baterai tetap hemat. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Xiaomi Redmi 10 memiliki banyak fitur baru di kelasnya. Salah satunya, teknologi Adaptive Sync di layarnya. Apa manfaatnya?

Teknologi Adaptive Sync di layar menjadi relevan karena saat ini banyak sekali ponsel yang mengsung refresh rate tinggi. Termasuk Xiaomi Redmi 10 dengan refresh rate 90 Hz. Refresh rate merupakan ukuran untuk mengetahui berapa kali layar me-refresh ulang gambar per detik dalam satuan Hertz (Hz). Normalnya, refresh rate di layar ponsel adalah 60 Hz.



Tapi, Redmi 10 memiliki refresh rate 90 Hz. Semakin tinggi refresh rate , maka pergerakan gambar di ponsel jadi jauh lebih mulus. Nah, berikut 3 keunggulan teknologi Adaptive Sync di Xiaomi Redmi 10:

1. Baterai Lebih Hemat
Mengenal Teknologi Adaptive Sync di Xiaomi Redmi 10, Ini 3 Keunggulannya

Layar pada sebuah smartphone umumnya bekerja dalam frame rate tetap. Namun, dalam kondisi tertentu kecepatan CPU dan GPU menjadi bervariasi sesuai kompleksitas gambar. Misalnya saat menjalankan game, frame rate bisa meningkat drastis.

Meski demikian, ketika kecepatan frame rate naik dan turun drastis, maka gambar bisa terlihat seperti artifak atau ngelag. Nah, teknologi Adaptive Sync memungkinkan layar secara dinamis mengikuti kecepatan render GPU.

Teknologi tersebut membuat layar bisa berkomunikasi langsung dengan GPU, sehingga refresh rate layar tersinkron dengan setiap frame yang dihasilkan. Bahkan ketika FPS tidak konsisten.

Dampaknya, Adaptive Sync bisa menyesuaikan aktivitas yang sedang dilakukan pengguna. Misalnya 60 Hz ketika menonton film/video streaming, atau 30 Hz ketika membaca berita.

Ketika ponsel digunakan untuk browsing atau melihat gambar itu, teknologi Adaptive Sync akan menurunkan kecepatan refresh rate (30 Hz). Sehingga kinerja ponsel jadi lebih lambat dan tidak boros baterai. Apalagi, Redmi 10 menggunakan baterai 5.000 mAh dengan pengisian cepat 18W dan 9W reverse wired charging. Artinya, pengisian baterai pun lebih cepat.

2. Aktivitas Harian Lebih Mulus
Mengenal Teknologi Adaptive Sync di Xiaomi Redmi 10, Ini 3 Keunggulannya

Refresh rate di layar mengacu pada berapa kali per detik layar dapat membuat gambar baru. Diukur dalam Hertz (Hz). Xiaomi Redmi 10 memiliki refresh rate 90 Hz, artinya layar akan me-refresh gambar 90 kali per detik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8401 seconds (0.1#10.140)