5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Selasa, 21 September 2021 - 23:45 WIB
loading...
5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya
Xiaomi Redmi 10 memberi standar baru di kelas entry level dengan fitur dan spesifikasi yang bisa disebut terbaik di kelasnya. Foto: Sindonews/Danang Arradian
A A A
JAKARTA - Setelah beberapa hari berinteraksi langsung dengan Xiaomi Redmi 10 , Sindonews merasakan bagaimana ponsel ini mampu menyegarkan kelas entry level dengan standar baru. Di harga mulai Rp2 juta, ada banyak sekali fitur mewah yang bisa dirasakan pengguna dalam keseharian.


Sebab, memakai Xiaomi Redmi 10 seperti tidak sedang berinteraksi dengan ponsel yang fiturnya terbatas. Ini sudah terasa dimulai ketika ponselnya digenggam, ketika mencoba multitasking dan bermain game, hingga menjajal performa dan kameranya.

Sontak, Xiaomi Redmi 10 langsung menonjol di kelas entry level Rp2 jutaan. Ini adalah ponsel yang dipastikan relevan sekali untuk anak muda, pelajar, mahasiswa, hingga first jobber. Nah, berikut adalah 5 keunggulan Xiaomi Redmi 10 yang tidak dimiliki kompetitornya.

1. Kamera 50 MP
5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Redmi 10 adalah satu-satunya smartphone yang menghadirkan kamera utama 50 MP dengan resolusi ultra high di harga Rp2 jutaan. Dampaknya, tentu saja detil foto lebih terjaga.

5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Di pencahayaan minim, noise juga lebih sedikit. Sindonews masih bisa memotret foto Bakmie Golek yang lezat kendati cahayanya temaram.

5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Dan yang paling disukai oleh Sindonews adalah warna natural Redmi 10. Lihat foto mobil Suzuki Ertiga di jalan tol Semarang yang terlihat sangat tajam dan mampu mempertahankan detil dengan sangat baik.

5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Selain itu, kualitas kamera ultra-wide 8MP juga bermanfaat sekali saat traveling. Seperti ketika Sindonews mengabadikan gerai Starbucks berlatar pemandangan sawah di Rest Area kota Salatiga.

5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Dua kamera lainnya, yakni depth sensor 2 MP untuk Portrait serta kamera makro 2 MP yang hanya sesekali dipakai. Yang jelas, hasil selfie di kamera depan 8 MP juga cukup baik.

2. Layar Full HD+ 90 Hz
5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Pengguna Redmi 10 benar-benar dimanjakan dengan keberadaan layar 6,5” FHD+ Dot Display. Sebab, idealnya jika memiliki bujet Rp2 jutaan, pengguna harus puas dengan ponsel berlayar HD+. Yang tentu saja ketajaman dan warnanya jauh berbeda dengan Full HD+.

Dan bukan itu saja, layar FHD+ itu diimbangi kecepatan refresh rate 90Hz yang bisa menyesuaikan kecepatan saat ngegame, scrolling medsos, hingga video streaming. Layar jadi terasa sangat smooth. Dan Sindonews merasa tidak sedang menggunakan ponsel Rp2 jutaan. Melainkan ponsel yang setingkat diatasnya.

3. Dual Stereo Speakers
Dual stereo speakers sudah jadi fitur wajib di kelas ponsel mid-range dan flagship. Mengapa? Karena memang keberadaannya sangat penting. Dengan speaker ganda, maka suara yang keluar di ponsel akan lebih tebal, lebih keras, dan lebih jernih.

Hal itu penting sekali tidak hanya untuk bermain game, hingga saat nonton film. Namun juga saat rapat, ketika kita butuh mendengarkan pembicaraan lewat speaker ponsel. Ada banyak seklai momen dimana kita butuh speaker smartphone yang kencang. Dan Redmi 10 memberikan hal itu lewat Dual Stereo Speaker-nya.

4. Prosesor Helio G88
5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Ini pembeda Redmi 10 dengan ponsel di kelas Rp2 jutaan lainnya: prosesor MediaTek Helio G88 terbaru. Karena memang performa Helio G88 ini terasa jauh lebih gegas dibanding Helio versi sebelumnya.

Sindonews menjadi sangat percaya diri untuk sekadar memainkan game seperti Call of Duty Mobile ataupun Asphalt 9. Grafisnya bagus, minim lag, dan sangat lancar.

Lagi-lagi, memakai Redmi 10 seperti sedang menggunakan ponsel satu level diatas kompetitornya. Redmi 10 tidak terasa “terganggu” saat diajak memainkan game-game dengan grafis cukup berat seperti Call of Duty Mobile.

Nah, untuk multitasking, fitur rahasia yang bisa digunakan Redmi 10 adalah Memory Extension untuk menggunakan memori dari penyimpanan internal ponsel (ROM). Sehingga bisa mendistribusikan lebih banyak kapasitas RAM ketika pengguna menggunakan aplikasi yang mengkonsumsi kapasitas RAM besar. Silahkan dicoba, nanti. Cukup berdampak, kok.

5. Baterai
5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Redmi 10 memiliki kapasitas baterai 5.000mAh. Istimewanya, jika umumnya kompetitor di kelas Rp2 jutaan memakai pengisian daya 10W, maka Redmi 10 sudah mendukung pengisian cepat 18W dan 9W reverse wired charging. Artinya, pengisian baterai jadi lebih cepat. Dan ini penting sekali. 18W adalah kecepatan minimal di kelas mid-range. Dibawah itu terasa kurang cepat. Apalagi, Xioami Mi 11 Ultra sudah memberikan standar tinggi dengan kecepatan 67W.



Harga dan Ketersediaan
5 Keunggulan Xiaomi Redmi 10 Dibandingkan Kompetitornya

Redmi 10 hadir dalam dua varian:

Xiaomi Redmi 10 4GB+64GB : Rp1.999.000 (perkenalan) dan Rp2.099.000 (normal)

Xiaomi Redmi 10 6GB+128GB: Rp2.399.000 (perkenalan) dan Rp2.499.000 (normal)

Penjualan perdana perangkat tersebut akan berlangsung mulai 22 September 2021 melalui channel penjualan online yakni mi.com serta official store Xiaomi Indonesia di Lazada dan Akulaku serta channel offline di Xiaomi Store, Xiaomi Shop dan juga Erafone.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2509 seconds (0.1#10.140)