TelkomGroup Pastikan Gangguan Kabel Bawah Laut Sudah Kembali Normal

Senin, 20 September 2021 - 22:00 WIB
loading...
TelkomGroup Pastikan Gangguan Kabel Bawah Laut Sudah Kembali Normal
Tampak kabel bawah laut (submarine cable) yang memiliki fungsi vital sebagai penghubung jalur komunikasi di Indonesia. Foto: ist
A A A
BATAM - Telkom menegaskan bahwa layanan TelkomGroup baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatera dan Kalimantan) ruas Batam-Pontianak mulai pukul 17.33 WIB Minggu (19/9).



Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengatakan, layanan mulai kembali normal sejak Ahad tengah malam hingga Senin pagi ini.

”Sejak terjadinya gangguan kemarin malam, kami segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam. Termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado,” ujar Pujo lewat keterangan resmi yang diterima Sindonews.

”Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala,” ia menambahkan.

Gangguan Terjadi di Batam
TelkomGroup Pastikan Gangguan Kabel Bawah Laut Sudah Kembali Normal

Menurut Pujo, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. ”Dengan diketahuinya titik gangguan, kami segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal,” beber Pujo.

Kabel laut Jasuka terbentang sepanjang lebih dari 10 ribu km dengan 17 titik pendaratan, tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, bahkan Malaysia. Sistem kabel tersebut dibangun pada 2009 dan selesai di 2011. Infrastruktur tersebut dibangun Telkom untuk meningkatkan jangkauan telekomunikasi hingga 90 persen di wilayah Indonesia.



Pujo sendiri juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang sudah menggunakan layanan TelkomGroup. ”Telkom berkomitmen memberi akses konektivitas dan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan,” ujarnya.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2034 seconds (0.1#10.140)