Berbagai Trik Melakukan Screenshots di Windows 11, Begini Caranya

Senin, 20 September 2021 - 15:05 WIB
loading...
Berbagai Trik Melakukan Screenshots di Windows 11, Begini Caranya
Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di Windows 11. Foto/dok
JAKARTA - Ada beberapa cara untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot di Windows 11 . Sebagian besar pintasan tangkapan layar sama seperti di Windows 10, tetapi ada beberapa fitur tangkapan layar tambahan yang tersedia dan unik untuk Windows 11.

Mari mulai dengan metode yang paling jelas, yakni ombol Print Screen (disingkat menjadi "PrntScrn" pada beberapa keyboard), yang merupakan tombol screenshot khusus di keyboard.

Keyboard berukuran penuh biasanya memiliki tombol Print Screen khusus, tetapi keyboard dan laptop yang lebih kecil sering kali menempatkan tombol Print Screen sebagai fungsi sekunder di tempat lain (biasanya pada tombol F12). Dalam hal ini, pengguna perlu menekan tombol "FN" dan tombol Tombol Print Screen secara bersamaan.

BACA: Download Windows 11 Gratis, Begini Caranya ...



Ada beberapa cara untuk menggunakan kunci ini untuk tangkapan layar, berikut caranya yang paling umum, dilansir dari Lifehacker, Senin (20/9/2021):

- Tekan tombol Windows + tombol Print Screen untuk menyimpan gambar apa pun yang saat ini ada di layar di folder Pictures > Screenshots.

- Teknik tangkapan layar standar lainnya untuk Windows adalah dengan hanya menekan Print Screen (atau FN + Print Screen) untuk menyalin gambar dari desktop saat ini ke clipboard. Jika tangkapan layar sudah disalin, buka aplikasi pengeditan gambar atau aplikasi pengolah kata yang mendukung gambar, dan tempel (klik kanan > Tempel, atau tekan Ctrl + V), lalu simpan dokumen.

- Tekan Alt + Print Screen untuk menyalin tangkapan layar hanya dari jendela atau aplikasi yang digunakan secara aktif ke clipboard. Pastikan mengklik jendela aplikasi atau folder yang ingin Anda ambil sebelum menekan pintasan. Ingatlah untuk menempel dan menyimpan tangkapan layar di program lain.

- Jika keyboard tidak memiliki tombol Print Screen sama sekali, pintasan tombol Windows + FN + Space juga akan menyalin tangkapan layar ke clipboard.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE