Bertahan di Tengah Pandemi, Teknologi Digital Harus Dibuat Lebih Mudah

Selasa, 14 September 2021 - 14:46 WIB
loading...
Bertahan di Tengah Pandemi, Teknologi Digital Harus Dibuat Lebih Mudah
Inovasi teknologi dibutuhkan saat Pandemi, oleh karenanya teknologi harus dengan mudah dapat dikuasai semua orang. FOTO/ IST
A A A
Saat ini Indonesia masih berjuang untuk melawan pandemi Covid-19, dengan dukungan teknologi digital yang ada dapat memulihkan ekonomi nasional. Namun tak semua orang bisa menguasai teknologi digital.

Melalui Bincang Inspirasi yang diselenggarakan pada hari Selasa, 14 September 2021 dengan topik pembahasan “Peran Generasi Muda Dan Teknologi Dalam Pemberdayaan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19”
ketua Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Prof. Yudho Giri Sucahyo, Ph.D mengatakan bahwa banyak perubahan perilaku masyarakat yang terjadi selama pandemi covid-19.

“Pandemi ini mengubah banyak hal, mulai dari pola kerja hingga pola berbelanja masyarakat, hal ini juga berdampak pada perekonomian khususnya pelaku usaha UMKM yang sangat terdampak akibat pembatasan ruang gerak maskyarakat.” Kata Yudho

Yudho menambahkan bahwa hal ini masih bisa diatasi jika generasi muda dapat berkolaborasi dengan UMKM dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Iyuk Wahyudi selaku Sekjen Badan Pengurus Pusat Andalan Kelompok Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor (BPP AKU) menegaskan “Generasi muda harus menjadi inspirasi dan memberikan kreatifitasnya untuk kemajuan bangsa, UMKM menjadi salah satu sektor yang perlu didukung dan diselamatkan dari krisis Pandemic- Covid-19 saat ini”
Bertahan di Tengah Pandemi, Teknologi Digital Harus Dibuat Lebih Mudah

Satria Kenvaleriano menyampaikan pesan bahwa generasi muda bisa melakukan gerakan share and attention jika belum mampu melakukan aksi-aksi besar dalam membantu para pelaku UMKM.

“Kita bisa melakukan aksi-aksi kecil mulai dari menggunakan media sosial dengan cara membagikan review produk-produk lokal, dan viralkan UMKM pilihan kita agar mereka mendapatkan perhatian yang dibutuhkan untuk berkembang serta bertahan.” Kata Satria.

Sebagai pelaku UMKM di bidang makanan Yuli Indarti menceritakan terjadinya penurunan pendapatan selama pandemi Covid-19, namun kekuatan pemasaran melalui media sosial dirasakan sangat membantu meningkatkan penjualan, Yuli menegaskan tentang pentingnya bantuan berbagai pihak untuk memasarkan produk terutama generasi muda yang sangat mengerti dan paham terhadap perkembangan teknologi.

Kegiatan Bincang Inspirasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan Wirakarya Local Heroes Festival 2021 yang bertujuan untuk menumbuhkan industri lokal UMKM Indonesia dan membangun kebanggaan terhadap produk lokal dalam upaya memulihkan ekonomi nasional.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2735 seconds (0.1#10.140)