Game Lokapala Turut Dipertandingkan di PON XX Papua

Kamis, 02 September 2021 - 11:04 WIB
loading...
Game Lokapala Turut Dipertandingkan di PON XX Papua
Ilustrasi pemain game . FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Lokapala merupakan game MOBA besutan anak bangsa Indonesia yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios dan PT Melon Indonesia sebagai publisher.

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan secara daring oleh PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) Selasa-24 Agustus 2021 lalu, diumumkan bahwa game ini akan dipertandingkan di Eksibisi PON XX yang digelar di Papua nanti. Kabar bahagia ini menjadi titik mula bagi dunia electronic sport (esports) yang resmi dijadikan sebagai cabang olahraga di PON (Pekan Olahraga Nasional). BACA JUGA - Banyak yang Gila! China Tegaskan Main Game Lebih Bahaya dari Narkoba

Gim Lokapala juga mencetak sejarah sebagai gim esports lokal pertama yang ikut serta dalam acara turnamen Esports Nasional. Dulu acara PON pertama kali diselenggarakan di Surakarta bertujuan untuk menunjukkan kedaulatan Indonesia di mata dunia, dan saat ini dengan hadirnya gim Lokapala pada PON XX Papua nanti diharapkan dapat menjadi langkah awal bahwa Indonesia juga berdaulat di dalam industri gim esports.

Selain itu, hadirnya gim Lokapala di PON XX Papua ini sebagai bentuk nyata agar kita semua dapat menginspirasi developer gim lokal untuk terus berkarya serta turut berpartisipasi dalam kesuksesan gim, baik di Indonesia maupun global.
Game Lokapala Turut Dipertandingkan di PON XX Papua

Selaras dengan komentar dari Direktur Digital Business Telkom Indonesia Muhamad Fajrin Rasyid, “Telkom sangat mendukung ekosistem gim di tanah air sejalan dengan terus berkembangnya industri eSports di Indonesia, tentunya diharapkan masyarakat tidak hanya menjadi konsumen saja, oleh karena itu kita juga mendorong para kreator gim lokal bisa menghasilkan gim yang bisa mendunia”

Dedi Suherman selaku CEO PT Melon Indonesia mengatakan “Suatu kehormatan dan sekaligus bangga, gim Lokapala dilibatkan dan dijadikan salah satu gim dalam eksibisi di PON XX Papua 2021.

Sebagai bentuk akselerasi digital, kami dari PT Melon Indonesia yang adalah bagian dari Telkom group, di mana Telkom Indonesia saat ini turut mendukung industri gim dalam negeri yang mana dalam hal ini PT Melon Indonesia menjadi penyedia atau publisher gim LOKAPALA yang dikembangkan oleh Anantarupa Studios”

“Selain itu, Melon Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh atas kelancaran PON XX Papua 2021. Semoga gim Lokapala bisa diterima dan meramaikan industri gim di Indonesia. Bukan hanya gim Lokapala saja, tapi kami juga ingin menunjukkan bahwa talent dan pengembangan gim yang luar biasa ini bisa mengangkat kiprah gim lokal bukan hanya di kancah dalam negeri tetapi mampu juga menembus ke pasar global.

Tidak lupa juga, PT Melon Indonesia selaku publisher Lokapala menyampaikan terima kasih kepada PB ESI (Pengurus Besar Esports Indonesia) dan KONI Pusat (Komite Olahraga Nasional Indonesia) yang telah mengapresiasi dan memberikan dukungan kepada gim lokal.” tambahnya.

PON XX Papua ini, cabang esports Lokapala akan menggunakan sistem friendly match, di mana para pemain Lokapala bisa mendaftarkan dirinya dan rekan tim sebagai atlet. Sistem friendly match ini juga menjadi ajang promosi Lokapala sebagai gim lokal dan gim terbaru untuk mempermudah peserta dari berbagai daerah, karena saat mendaftar tidak terdapat peraturan tim harus berada dalam provinsi yang sama.

Pertandingan kualifikasi esport Lokapala di PON XX Papua 2021 ini akan berlangsung pada tanggal 06 - 07 September 2021 secara daring. Sedangkan untuk semifinal dan final akan berlangsung pada tanggal 22-26 September 2021 di Papua. Pertandingan ini untuk memperebutkan prizepool dengan total hadiah sebesar Rp200.000.000,-.

Selain mendukung penuh gim Lokapala di ajang PON XX Papua 2021 , PT Melon Indonesia dan Telkom Indonesia akan terus mendukung pengembang gim di Indonesia dalam program Indigo Game Incubation (Indigo), sehingga kedepannya gim buatan anak bangsa bisa terus bersaing di pasar nasional serta global.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)