Yuk, Kenalan dengan Kota di Australia yang Jadi Surga buat Drone

Selasa, 31 Agustus 2021 - 14:00 WIB
loading...
Yuk, Kenalan dengan Kota di Australia yang Jadi Surga buat Drone
Drone yang digunakan oleh Wing kini mendapat teknologi baru yang tidak menghasilkan suara bising. Foto/IST
A A A
BRISBANE - Kota Logan di Brisbane, Australia merupakan kota yang layak disebut surga buat drone. Bayangkan setiap hari di kota ini selalu melintas ribuan drone dengan berbagai kegiatan. Paling banyak adalah kegiatan delivery service atau jasa antar makanan dan minuman.

Ya, masyarakat Kota Logan memang banyak memanfaatkan jasa pengantaran makanan dan minuman seperti yang kita lakukan di Jakarta dan kota-kita lainnya. Bedanya, jasa pengantaran makanan dan minuman itu dilakukan menggunakan drone.

Adalah perusahaan jasa antar makanan dan minuman, Wing yang memanfaatkan teknologi drone sebagai usaha inti mereka. Sesuai namanya, Wing, yang berarti sayap, pengiriman makanan dan minuman dengan menggunakan drone adalah cara yang paling tepat.



Yuk, Kenalan dengan Kota di Australia yang Jadi Surga buat Drone


Uniknya masyarakat Logan justru sangat antusias dengan layanan tersebut. Baru-baru ini Wing melaporkan selama 8 bulan tahun ini mereka telah berhasil mengirimkan sebanyak 50.000 pesanan yang semuanya dilakukan dengan menggunakan drone.

Angka ini merupakan capaian fantastis mengingat usia Logan baru dua tahun. Jesse Suskin, juru bicara Wing sangat yakin, Logan merupakan kota yang paling tinggi pemanfaatan dan lalu lintas drone. "Bisa dipastikan Logan adalah Ibu Kota dari drone. Kami banyak belajar dari tempat ini," ujarnya.

Apa yang terjadi di drone memang jadi sebuah kejutan. Pasalnya ada beberapa perusahaan lain seperti Amazon yang juga pernah mencoba melakukan jasa pengiriman barang atau makanan menggunakan drone, Prime Air. Layanan jasa yang seharusnya dilakukan di Inggris itu ternyata sama sekali tidak pernah mengudara. Bahkan Amazon terpaksa memecat 100 karyawan yang bekerja di Prime Air.

Dr Tony Tarr, konsultan hukum dan salah satu penulis buku Drone Law and Policy, mengatakan dia tidak terkejut Wing telah menemukan keberhasilan di Logan. Hal ini terjadi karena demografi kota Logan yang berbeda dengan kota-kota besar.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1719 seconds (0.1#10.140)