Cara Merekam Layar Laptop, Cermati Cara dan Manfaatnya

Minggu, 29 Agustus 2021 - 17:00 WIB
loading...
Cara Merekam Layar Laptop, Cermati Cara dan Manfaatnya
Cara merekam layar laptop saat ini sangat mudah dilakukan oleh semua orang. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Banyak konten kreator dan pengguna komputer perlu mengetahui teknik screen recording atau cara merekam laptop. Merekam layar laptop sangat dibutuhkan agar berbagai cara yang dilakukan dalan panduan bisa dimengerti oleh semua orang yang melihat.

Ambil contoh konten kreator yang ingin memberikan panduan dalam memeriksa spesifikasi komputer. Tentu akan lebih mudah jika konten kreator itu merekam segala hal yang dia lakukan selama memerika spesifikasi komputer dengan teknikk screen recording.



Tidak hanya konten kreator, seiring berkembangnya teknologi, para siswa pun kerap dimintai tugas yang membutuhkan andil dari tools perekaman layar PC ini. Beruntung, saat ini banyak aplikasi perekam layar laptop yang bisa digunakan. Namun jika Anda tidak ingin repot-repot mengunduh aplikasi tersebut, sebenarnya ada cara yang lebih mudah lagi.

Hanya saja kemudahan itu hanya ditemukan di pengguna Windows 10. Sebaliknya jika Anda menggunakan Windows yang lain, mau tidak mau Anda tetap harus mengunduh aplikasi perekam layar laptop yang sesuai keinginan.

Nah, berikut ini beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk merekam layar laptop.

Pengguna Windows 10

Cara Merekam Layar Laptop, Cermati Cara dan Manfaatnya


1. Terlebih dulu masuk ke pengaturan komputer dengan cara mengklik logo Start Windows dan pilih "Setting".
2. Pilih opsi Gaming
3. Untuk pengaturan Anda bisa memilih opsi "Capture".
4. Di opsi Capture, Anda bisa mengatur kualitas dan ukuran file rekaman. Mulai dari maksimal waktu perekaman, kualitas audio, frame rate hingga kualitas gambar yang terekam.
5. Mulai proses rekaman yang Anda inginkan, kemudian tekan tombol Windows + G
6. Setelah ditekan Anda akan mendapatkan Game Bar yang berisi berbagai menu proses rekaman.
7. Untuk merekam layar, klik “Start Recording”.
8. Untuk berhenti merekam, klik tombol “Stop Recording” pada bagian kanan atas.
9. Setelah selesai, notifikasi akan muncul.



Pengguna di Luar Windows 10
Cara Merekam Layar Laptop, Cermati Cara dan Manfaatnya


Pengguna di luar Windows 10 tidak memiliki kemudahan fungsi bawaan merekam layar laptop. Mereka hanya bisa memanfaatkan berbagai aplikasi perekam layar laptop yang banyak tersedia. Berikut di antaranya;

VLC Media Player

VLC mampu menampilkan format video seperti MPEG, DivX, Ogg, dan lain-lain. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memutar DVD, VCD, maupun CD. Ragam keuntungan lainnya, VLC dapat juga digunakan sebagai pihak ketiga untuk merekam aktivitas pemutaran video dalam layar PC.

Bandicam

Bandicam merupakan salah satu aplikasi perekam layar PC gratis yang mengklaim hasil kompresi videonya tinggi dan akurat. Aplikasi ini juga mampu menangkap gambar yang memakai teknologi DirectX/OpenGL/Vulkan.

Selain itu, Bandicam juga sanggup merekam video dari alat tambahan seperti kamera web, Xbox/PlayStation, smartphone, hingga IPTV. Untuk hasil tangkapannya, aplikasi ini menghasilkan video dengan format (.mp4 dan .avi).



OBS Studio

Open Broadcaster Software (OBS) Studio adalah aplikasi untuk YouTuber yang menyediakan fitur perekaman layar. OBS Studio memiliki tampilan sederhana dan cara penggunaannya cukup mudah.

Selain menjadi software perekam layar gratis tanpa watermark, OBS Studio merupakan sebuah aplikasi open source yang banyak digunakan untuk kegiatan live streaming.

Screenpresso

Aplikasi yang satu ini memiliki keunggulan dapat melakukan perekaman layar dan audio dengan langkah paling sederhana. Aplikasi besutan Learn Pulse ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2009 silam, dan tersedia dalam 17 bahasa.

Kendati demikian, aplikasi ini menawarkan dua opsi, yaitu penggunaan secara gratis dan opsi penggunaan berbayar. Letak perbedaan keduanya adalah, aplikasi ini hanya terbatas menyimpan file rekaman dengan durasi maksimal tiga menit dan memiliki watermark di bawah video.

Sementara jika berlangganan, maka pengguna dapat menikmati fasilitas ini dengan tak terbatas.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3904 seconds (0.1#10.140)