Apa Sebenarnya Kriteria Ponsel Flagship?

Rabu, 18 Agustus 2021 - 21:46 WIB
loading...
Apa Sebenarnya Kriteria Ponsel Flagship?
POCO X3 GT menggunakan chipset seri Dimensity dan akan segera dirilis di Indonesia dalam waktu dekat. Foto: dok POCO Indonesia
A A A
JAKARTA - Spesifikasi merupakan salah satu faktor utama bagi konsumen dalam memilih sebuah smartphone. Terutama bagi konsumen yang mementingkan value for money.

Salah satu spesifikasi penting yang menjadi pertimbangan saat memilih smartphone adalah System On a Chip (SoC). Secara fungsi, perangkat yang lebih dikenal sebagai chipset ini melakukan tugas yang beragam. Misalnya mengontrol prosesor inti (CPU), mengolah grafis (GPU), memori, USB control, manajemen baterai, berbagai macam sensor, hingga konektivitas jaringan (WiFi, 4G, 5G, dan sebagainya).

BACA JUGA: iQiyi Indonesia Gandeng Likee, Promosikan Drakor Great Shaman Ga Doo Shim

Chipset pada smartphone diibaratkan seperti otak pada manusia. Kedalaman spesifikasi chipset pun menjadi salah satu tolok ukur untuk menentukan kecepatan pemrosesan sebuah smartphone.

Dalam perkembangannya, spesifikasi chipset yang diproduksi turut memengaruhi tipe smartphone yang digunakan.

Penyematan istilah flagship pada chipset dan smartphone pun mulai digunakan untuk membedakan segmentasi sebuah kelas smartphone dengan yang lainnya.

Namun, chipset seperti apa yang dapat mendefinisikan kriteria flagship pada smartphone? Berikut fakta tentang chipset flagship ini:

Kecepatan pemrosesan
Kecepatan smartphone dalam memproses aplikasi adalah tugas utama chipset. Ini bergantung pada spesifikasi chipset, baik jumlah inti (core), kecepatan inti (clock speed), hingga arsitektur chipset itu sendiri.

Jumlah inti yang semakin banyak, plus tingginya clock speed dari setiap inti akan menghasilkan smartphone kencang dalam memproses berbagai macam aplikasi.

Termasuk game dengan kebutuhan grafis tinggi. Chipset flagship memiliki delapan inti (quad-core) dengan teknologi proses 5nm hingga 6nm.
Performa dari prosesor juga dibuktikan dengan hasil test benchmark yang unggul, seperti AnTuTu dan Geekbench 5.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3049 seconds (10.55#12.26)