Tidak Main-Main, Google Pecat 80 Karyawan yang Terlibat Penyalahgunaan Data

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 18:05 WIB
loading...
Tidak Main-Main, Google Pecat 80 Karyawan yang Terlibat Penyalahgunaan Data
Menurut Vice, 36 karyawan Google pada 2020 dipecat karena masalah terkait keamanan, 26 orang pada 2019 dan 18 karyawan pada 2018. Foto: ist
A A A
CALIFORNIA - Google dilaporkan memecat puluhan karyawan sejak 2018 hingga 2020 karena penyalahgunaan data pengguna.

Berdasarkan data internal yang diperoleh Vice News, merinci hasil investigasi internal raksasa teknologi tentang bagaimana karyawannya memanfaatkan posisi mereka untuk mencuri, membocorkan, atau menyalahgunakan data yang dapat mereka akses.



Menurut Vice, 36 karyawan Google pada 2020 dipecat karena masalah terkait keamanan, 26 orang pada 2019 dan 18 karyawan pada 2018.

Sebanyak 86 persen dari mereka yang dipecat tahun lalu karena berbagi informasi internal dengan pihak luar.

Sedangkan 10 persen kasus lainnya berkaitan dengan penyalahgunaan sistem perusahaan, yang mencakup pengaksesan data pengguna atau karyawan dan juga membantu orang lain mengakses data tersebut.

"Contoh yang dirujuk sebagian besar terkait dengan akses yang tidak tepat, atau penyalahgunaan, informasi perusahaan atau IP yang memiliki hak milik dan sensitif," kata juru bicara Google kepada Vice, dilansir dari Daily Mail, Sabtu (7/8).

Ia menambahkan, mengenai data pengguna, perusahaan secara ketat membatasi akses karyawan melalui sejumlah perlindungan, termasuk membatasi akses ke data pengguna hanya untuk individu yang diperlukan.

Selain itu, perusahaan juga melakukan peninjauan multi-tahap sebelum akses diberikan ke data sensitif dan pemantauan untuk anomali akses.

"Setiap karyawan mendapatkan pelatihan setiap tahun, kami menyelidiki semua tuduhan, dan pelanggaran hingga menghasilkan tindakan korektif, termasuk pemutusan hubungan kerja," tuturnya.



Google juga mengaku transparan dalam mempublikasikan jumlah dan hasil investigasi. Mereka juga memiliki proses ketat untuk mengamankan data penggna dari ancaman internal maupun eksternal.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2753 seconds (0.1#10.140)