Jumlah Serangan DDoS Menurun di Q2 2021

Jum'at, 06 Agustus 2021 - 08:02 WIB
loading...
Jumlah Serangan DDoS Menurun di Q2 2021
Ilustrasi Hacker. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Jumlah total serangan DDoS di kuartal kedua (Q2) 2021 mengalami penurunan sebesar 38,8 persen dibandingkan dengan Q2 tahun lalu. Pada kuartal sebelumnya jenis serangan sama turun 6,5 persen.

Laporan ini merupakan hasil pantauan dari perusahaan keamanan siber Kaspersky. Dalam laporannya, China dilaporkan menjadi pemimpin dalam jumlah perangkat yang melakukan serangan SSH. BACA JUGA - COVID-19 Balik Lagi ke Wuhan, China Tutup Total Semua Bandara

Namun, pada saat yang sama, China terus mengalami penurunan dalam hal jumlah total serangan DDoS, sebanyak 10,2 persen.

Sedangkan Amerika Serikat tetap menjadi pemimpin dalam kategori ini untuk kuartal kedua berturut-turut. Sementara, Polandia dan Brasil menjadi negara baru yang memasuki lima besar.

Baru-baru ini, Kaspersky juga menyebut scammers telah mencari berbagai upaya untuk memperkuat serangan DDoS mereka bahkan jumlah serangan melalui protokol Session Traversal Utilities for NAT (STUN) diketahui juga telah meningkat.

Tren lain yang terlihat adalah eksploitasi kerentanan TsuNAME di resolver DNS untuk menyerang server DNS.

Secara khusus, ini menyebabkan gangguan dalam kinerja Xbox Live, Microsoft Teams, OneDrive, dan layanan cloud Microsoft lainnya. Selain itu, penyedia layanan internet juga menjadi korban serangan DDoS.

Sepanjang Q2, jumlah serangan DDoS berfluktuasi antara 500 dan 800 per hari. Pada hari yang paling tenang, hanya 60 serangan yang tercatat, dan pada hari yang paling intens, ini mencapai 1.164.

Pakar Kaspersky juga menganalisis negara mana yang memiliki bot dan server berbahaya yang menyerang perangkat IoT untuk memperluas botnet. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas perangkat yang meluncurkan serangan banyak berada di Tiongkok (31,8 persen), disusul Amerika Serikat (12,5 persen) menempati posisi kedua, dan Jerman (5,9 persen) berada di urutan ketiga.

“Kuartal kedua 2021 menunjukkan situasi yang lebih tenang. Ada sedikit penurunan dalam jumlah total serangan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya,” kata Alexey Kiselev, Business Development Manager di the Kaspersky DDoS Protection team, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (5/8/2021)

Kaspersky juga memprediksi tidak ada ancaman kenaikan atau penurunan tajam pada lanskap serangan DDoS , pada kuartal ketiga.

“Lanskap serangan ini tentunya juga akan terus sangat bergantung pada tingkat cryptocurrency, yang tetap mengalami peningkatan secara konsisten mungkin untuk waktu yang lama,” pungkasnya
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1672 seconds (0.1#10.140)