Kominfo Latih 26 Ribu UMKM di 10 Destinasi Wisata Agar Tetap Cuan Selama Pandemi

Rabu, 21 Juli 2021 - 20:05 WIB
loading...
Kominfo Latih 26 Ribu UMKM di 10 Destinasi Wisata Agar Tetap Cuan Selama Pandemi
Tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong UMKM meningkatkan aktivitas toko online mereka yang ada di marketplace. Foto: Sindonews/Yulianto
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aplikasi Informatika, memberikan fasilitas bagi 26.000 UMKM di 10 Destinasi Wisata Prioritas Indonesia dengan dukungan pendampingan oleh fasilitator.

Para fasilitator yang diterjunkan akan mendampingi para UMKM baik secara online maupun offline. Pendampingan secara offline dapat dilaksanakan di Training Center yang disediakan di setiap daerah lengkap dengan fasilitas wifi dan laptop.

BACA JUGA: Memakai POCO M3 Pro 5G di Jaringan 5G Telkomsel, Apa Dampaknya dalam Keseharian?

Namun, jika ada kendala untuk hadir ke Training Center, maka fasilitator akan datang ke lokasi usaha atau domisili dari para pelaku UMKM. Akses internet khusus di beberapa titik daerah juga disediakan bagi UMKM yang lokasi usahanya jauh dari Training Center.

Dimulai dari Juni hingga Desember 2021, 26.000 UMKM tersebut juga akan didampingi dalam proses active-selling, mendapatkan materi-materi pelatihan dengan topik Pemanfaatan Media Sosial, E-Commerce, Teknologi Keuangan, Aplikasi POS (Point of Sales), dan Teknologi 4.0. Untuk mengakses platform digital tersebut UMKM dibekali dengan fasilitas paket data.

Harapannya agar UMKM mampu meningkatkan kapasitas penggunaan aplikasi digital dalam kegiatan usahanya. Tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong UMKM meningkatkan aktivitas toko online mereka yang ada di marketplace.



Kegiatan ini merupakan lanjutan dari tahun lalu yakni on-boarding yang menyasar pedagang-pedagang pasar tradisional.

"Tahun ini kita melakukan active-selling agar para UKM lebih gencar berdagang di pasar online dan dapat memaksimalkan aplikasi-aplikasi digital untuk meningkatkan akses pemasaran, permodalan dan bisnis yang relatif efektif dan efisien”, tutur Puti Adella Elvina, Sub Koordinator Kajian dan Survei Dampak UMKM Kemkominfo, dalam keterangan tertulis.

BACA JUGA: Review TWS Ugreen HiTune X5 Wireless Earbuds, Bassnya Paling Dahsyat!

Pemanfaatan teknologi dan aplikasi digital harus terus digaungkan agar para UMKM di berbagai industri, level, dan daerah, dapat merasakan manfaat teknologi digital untuk menunjang bisnis mereka.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE