Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Nomor Dua Terbesar di Dunia

Jum'at, 16 Juli 2021 - 12:00 WIB
loading...
Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Nomor Dua Terbesar di Dunia
Untuk mengalahkan Samsung guna menjadi nomor satu Xiaomi harus bisa menjual produk Xiaomi Mi 11 Ultra dalam jumlah besar. Foto/Phone Arena.
JAKARTA - Canalys baru-baru ini melaporkan perusahaan ponsel pintar asal China, Xiaomi berhasil mengalahkan Apple sebagai penjual ponsel pintar terbesar nomor dua di dunia. Didasarkan pada pengiriman ponsel yang terjadi pada kuarter kedua tahun ini, Xiaomi untuk pertama kalinya berhasil melompati Apple dari segi penjualan ponsel.

Dalam catatan Canalys, pada kuarter kedua tahun ini Xiaomi mengalami perkembangan pasar yang pesat yakni 83 persen. Sebaliknya Apple yang sebelumnya berada di posisi kedua justru hanya mampu mencapai perkembangan sebesar 1 persen.

Baca juga : Ini Dia Mobil-mobil BMW yang Dibuat oleh Orang Jepang

Peningkatan ini terjadi karena strategi penjualan Xiaomi di beberapa wilayah baru berjalan dengan baik. Penjualan di luar negeri meningkat tajam terutama di Amerika Latin sebesar 300 persen, Afrika dengan peningkatan 150 persen dan 50 persen peningkatan di wilayah Eropa Barat.

Meski berhasil menjungkalkan Apple dari posisi kedua, Xiaomi masih belum mampu menyaingi kiprah Samsung di pasar ponsel pintar. Di kuarter kedua tahun ini Samsung berada di posisi pertama dengan peningkatan pasar sebesar 15 persen. Saat ini Samsung mendominasi market share pasar ponsel pintar dunia sebesar 19 persen.

Kalahkan Apple, Xiaomi Jadi Nomor Dua Terbesar di Dunia




Canalys mengatakan untuk mampu mengalahkan Samsung, Xiaomi harus mampu mendorong penjualan ponsel pintar high-end mereka seperti Xiaomi Mi 11 Ultra. Diketahui harga Xiaomi Mi 11 Ultra memang berada di atas kisaran harga USD900 atau setara Rp12,9 juta,

Baca juga : Porsche : Taksi Terbang Buang-buang Uang Tapi Menguntungkan

"Prioritas utama Xiaomi tahun ini adalah meningkatkan penjualan perangkat kelas atas, seperti Mi 11 Ultra. Tapi itu akan menjadi upaya yang berat karena Oppo dan Vivo memiliki keinginan yang sama. Apalagi Oppo dan Vivo tidak sungkan menghabiskan banyak dana untuk strategi marketing above-the-line yang memang tidak dilakukan Xiaomi," tulis Canalys.

Hanya saja diyakini keberhasilan Xiaomi menggusur Apple di posisi kedua terjadi karena perusahaan ponsel asal Amerika Serikat itu belum meluncurkan produk terbaru mereka, iPhone 13. Hal ini bahkan terlihat ketika Apple dan Samsung bergantian posisi 1 dan 2 berkat produk ponsel terbaru mereka. Saat Apple meluncurkan iPhone 12, mereka berhasil menjungkalkan Samsung dari posisi nomor satu penjual ponsel pintar terbesar di dunia. Bukan tidak mungkin ketika iPhone 13, Apple akan kembali ke posisi puncak lagi.
(wsb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE