7 Manfaat Jaringan 5G di Masa Depan

Kamis, 15 Juli 2021 - 10:02 WIB
loading...
7 Manfaat Jaringan 5G di Masa Depan
Ilustrasi Tower Jaringan 5G . foto/ IST
A A A
JAKARTA - Jaringan 5G kini sudah mulai komersial di Indonesia. Meski belum se-masif yang lain, namun jaringan generasi kelima ini sudah bisa digunakan.

Di masa depan, 5G akan memberikan segudang manfaat bagi kehidupan. Apa saja?

Dilansir dari akun Instagram Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), berikut ini 7 manfaat 5G bagi kehidupan.

1. Operasi jarak jauh

Teknologi 5G akan sangat membantu dalam kemajuan medis. Koneksi kencang 5G tidak akan kenal batasan. Hal ini lah yang memungkinkan dokter menjangkau pasien dari negara ke negara lainnya hingga ke seluruh penjuru dunia.

2. Mobil tanpa awal (otonom)

Teknologi 5G memungkinkan kendaraan otonom dapat mendeteksi bahaya dengan baik, berinteraksi dengan rambu-rambu, mengikuti peta lebih akurat dan bahkan berkomunikasi dengan kendaraan lain.

3. Robotik

Berkat teknologi 5G , kemampuan robot bisa lebih ditingkatkan karena selama ini tantangan besar pengembang robot adalah latensi.

Teknologi kelima ini merupakan jaringan seluler berlatensi rendah dan bandwidth tinggi sehingga memungkinkan robot dibekali AI dan didukung cloud.

4. Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR).

Pengalaman VR dan AR akan semakin real-time dan realistis. Sebab selama ini salah satu kelemahan VR dan AR adalah latensi atau jeda wkatu yang emngurangi pengalaman pengguna. Dengan 5G waktu respons menjadi hanya beberapa milidetik.

5. Cloud gaming

Hadirnya 5G telah membawa serta konektivitas cepat dan latensi rendah yang diperlukan dalam menghadirkan pengalaman bermain game yang halus dan mulus

6. Pengalaman streaming video yang lebih baik

Kehadiran 5G membuat penggunaan konsumsi video akan semakin meningkat karena pengalaman yang akan jauh lebih baik.

Konten yang yang disajikan memiliki resolusi lebih tinggi tanpa perlu khawatir buffering. Teknologi 5G dapat menampilkan video holografik secara langsung.

7. IoT semakin maju

Teknologi 5G akan meningkatkan kualitas dan kemampuan Produk IoT. Kemampuan 5G akan berdampak besar pada penggunaan iOT terutama pada Smart City, Smart Home dan lainnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6999 seconds (0.1#10.140)