Baterai Ponsel Dilengkapi PMIC Aman, Hal Ceroboh Inilah Pemicu Meledak

Jum'at, 09 Juli 2021 - 20:04 WIB
loading...
Baterai Ponsel Dilengkapi PMIC Aman, Hal Ceroboh Inilah Pemicu Meledak
Pengamat gadget Lucky Sebastian, mengatakan kecil kemungkinan baterai ponsel bisa meledak karena sudah ada chip pengaman. Foto/dok
A A A
JAKARTA - Pengamat gadget Lucky Sebastian, mengatakan, pada ponsel jaman sekarang jika tidak ada kesalahan dalam pembuatan dari pabrik, kecil kemungkinan baterai ponsel bisa meledak .

Sebab, ponsel yang diproduksi sudah dilengkapi dengan PMIC (Power Management Integrated Circuits). Ini adalah sebuah chip yang memantau dan mengatur arus keluar masuk baterai supaya proses charging mengalirkan daya yang tepat, dan panas tidak berlebih.



Menurut Lucky, adanya kasus ponsel meledak karena ada faktor dari luar. "Jadi biasanya baterai meledak karena ada faktor dari luar, seperti terpapar panas berlebih, misal diletakkan di dashboard mobil, baterai sudah deformasi, charger yang tidak bagus, dll," ujarnya saat dihubungi melalui pesan singkat, Jumat (9/7/2021).

Untuk itu Lucky menyarankan sebisa mungkin jangan letakkan ponsel di kantung belakang. Sebab saat duduk, body ponsel bisa tertekuk atau melengkung yang membuat kondisi baterai berubah bentuk.



Selain itu, jangan biarkan ponsel terpapar panas berlebih. Jika baterai ponsel kembung , terlihat dari naiknya body penutup baterai, segera service dan ganti baterai dengan baterai asli.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1633 seconds (0.1#10.140)