TWS dengan Noise Cancelling Justru Diminati Selama Pandemi

Kamis, 01 Juli 2021 - 15:05 WIB
loading...
TWS dengan Noise Cancelling Justru Diminati Selama Pandemi
Sony baru saja meluncurkan WF-1000XM4, TWS dengan noise cancelling dan suara yang diklaim terbaik di kelasnya. Harganya Rp4 juta. Foto: dok Sony Indonesia
A A A
JAKARTA - Sony menyebut bahwa True Wireless Stereo (TWS) dengan fitur noise cancelling justru diminati selama pandemi karena membuat penggunanya lebih fokus.

Noise cancelling atau sistem kendali derau aktif merupakan teknologi yang berguna untuk menghilangkan derau suara yang tidak diinginkan. Prinsip kerjanya sederhana, yakni menghasilkan gelombang frekuensi yang berkekuatan cukup untuk menetralkan sinyal gelombang frekuensi derau dari sumber suara.



Dampaknya, pengguna tidak terganggu suara dari luar. Misalnya ketika berada di jalan, suara berisik klakson dan kendaraan bermotor akan minimal sekali. Sehingga mereka bisa fokus dengan aktivitas yang dilakukan seperti menonton, mendengarkan lagu, atau mengobrol.

Fitur noise cancelling ini sudah banyak diadopsi oleh TWS, earphone nirkabel mungil yang menjadi tren sekarang. Salah satunya di produk wireless headphone Sony terbaru WF-1000XM4.

TWS dengan Noise Cancelling Justru Diminati Selama Pandemi

Tapi, bukankah noise cancelling hanya efektif ketika penggunanya sedang berada di luar rumah, untuk menghindari suara berisik? Lantas, bagaimana di masa gelombang kedua Covid-19 dimana kegiatan di luar rumah dibatasi?

President Director PT Sony Indonesia Kazuteru Makiyama mengatakan, fitur noise cancelling di WF-1000XM4 tidak hanya efektif ketika dipakai di luar rumah. ”Justru di dalam rumah lebih efektif. Karena faktanya saat bekerja di rumah, banyak sekali suara. Misalnya anak-anak yang bermain,” ujarnya sembari tertawa.

Sistem kendali derau aktif, menurut Kazuteru, akan membantu orang untuk rileks dan fokus terhadap aktivitas yang sedang di lakukannya. ”Pengguna akan lebih fokus bekerja. Lebih fokus melakukan conference call. Juga lebih fokus saat menonton atau ngegame,” ujarnya.

Sony WF-1000XM4 diklaim memiliki teknologi digital noise cancelling terdepan dengan Integrated Processor V1. ”Perangkat ini memiliki mikrofon berperforma tinggi dengan sensor kebisingan ganda, desain baru pada unit driver 6mm, mode Automatic Wind Noise Reduction, serta peningkatan kualitas pada fitur-fitur lainnya, sehingga cocok digunakan saat work from home,” bebernya.

TWS dengan Noise Cancelling Justru Diminati Selama Pandemi

Mode Automatic Wind Noise Reduction mendeteksi saat berangin dan secara otomatis meredam kebisingan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.1129 seconds (0.1#10.140)