Dipakai Ribuan Perusahaan, ASSIK Memungkinkan HRD Bekerja Lebih Asyik

Jum'at, 25 Juni 2021 - 19:02 WIB
loading...
Dipakai Ribuan Perusahaan, ASSIK Memungkinkan HRD Bekerja Lebih Asyik
Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan memonitor aktivitas karyawan melalui beragam fitur. Foto/dok
A A A
JAKARTA - PT Allbest Solusi Sistem, perusahaan yang bergerak dibidang software development, meluncurkan aplikasi presensi daring bernama ASIKK (Aplikasi Kehadiran Karyawan), sistem HRIS (Human Resources Integrated System).

ASIKK dapat diunduh secara gratis melalui PlayStore dan App Store. Aplikasi ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola dan memonitor aktivitas karyawan melalui beragam fitur.

BACA: Polda Jateng Launching Aplikasi Absensi Online dan Digital Mapping

Karyawan juga dapat melakukan pencatatan kehadiran dan perencanaan izin kerja, serta pembaruan berbagai informasi hanya dalam satu genggaman.

Sejak resmi rilis pada tanggal 10 Mei 2020 lalu, absensi digital berbasis cloud server ini diklaim sudah digunakan oleh lebih dari 5.000 perusahaan yang tersebar diseluruh Indonesia, yang bergerak di bidang industri F&B, hospitality, outsourching, logistik, distributor, dan berbagai UMKM lokal lainnya.

Dengan biaya beralangganan mulai dari Rp5.500 per bulan, karyawan sudah bisa melakukan presensi secara mobile dengan jumlah minimal dua user hingga tak terbatas.

Biaya berlangganan ini berlaku setiap bulan pemakaian. ASIKK juga memberikan jaminan sistem yang aman, mampu menghindari kecurangan dalam presensi dan menyediakan fasilitas bagi perusahaan yang ingin menggunakan aplikasi secara permanen dengan sistem secara private (white label).

“Peluncuran ASIKK didasari oleh kebutuhan akan sistem absensi yang efisien dan efektif baik dari sisi penggunaan maupun pemeliharaan," kata Iswahyudi, Direktur PT Allbest Solusi Sistem, dalam keterangannya, Jumat (25/6/2021).

BACA JUGA: Ikuti Jejak Harley-Davidson, MV Agusta Ciutkan Mesin

Sementara Dian Arisman, Product Owner ASIKK, menambahkan bahwa pada dasarnya fitur yang ditawarkan ASIKK bertujuan untuk mengakomodasi kebutuhan HRD akan proses input presensi yang lebih singkat, tanpa harus meminta persetujuan banyak pihak.

"Fitur yang kami miliki dibuat secara sederhana, dapat dipahami dengan mudah, tidak memakan banyak ruang penyimpan dan presensi bisa dilakukan di mana saja yang tentunya tetap termonitor oleh sistem," ujar Dian.

Beberapa fitur ASIKK antara lain:

- Presensi digital, dilakukan untuk pencatatan kehadiran kapan saja dan di mana saja. Data dapat terekam menggunakan: geofence yang secara spesifik dapat menentukan titik lokasi presensi secara aktual.

Face detection presensi menggunakan sistem deteksi wajah pada penggunanya dengan foto selfie melalui smartphone.

Device Lock, sistem keamanan yang dapat digunakan hanya untuk satu perangkat smartphone dalam satu akun (meminimalisir kecurangan absensi). Biometric, log in dapat dengan mudah menggunakan sidik jari.

- Manajemen Karyawan, dapat mengelola administrasi karyawan serta informasi secara digital, tanpa investasi tinggi dengan didukung keamanan penyimpanan data yang terpusat dan terjamin.

BACA JUGA: Tinder Hadirkan Fitur Video Bagi Pengguna di Indonesia

Dapatkan insight serta analisa kinerja karyawan melalui berbagai tampilan dashboard dan laporan yang disajikan.

- Manajemen Cuti, untuk melakukan pengajuan cuti atau izin serta cek status persetujuan dari atasan hanya dengan melalui smartphone.

- Manajemen Jadwal Kerja, pembuat jadwal shift kerja dapat mendukung optimalisasi produktivitas karyawan. Kelola jadwal kerja dengan lebih mudah sesuai dengan pembagian jadwal (shift).

- Pop News (Informasi Perusahaan) sebagai media komunikasi antara perusahaan dengan karyawan secara real time dan tepat sasaran, hanya dengan membuat artikel atau berita perusahaan, karyawan dapat mengakses informasi perusahaan terbaru.

BACA JUGA: Astronom Deteksi Komet Raksasa Sepanjang 130 Kilometer Akan Melintas

- Payroll, sistem penggajian karyawan dalam aplikasi yang fleksible dan dapat diakses online. ASIKK mempermudah perhitungan gaji karyawan, termasuk THR, bonus, dan komponen pendapatan lainnya

Dengan Payroll ASIKK, perusahaan juga dapat menghitung jumlah lembur berdasarkan jam kerja tambahan sesuai presensi karyawan.

- Lembur, dilengkapi untuk mempermudah pengajuan dan manajemen waktu sistem lembur.
(ysw)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1494 seconds (10.101#12.26)