Apple Sebut Aplikasi Sideloading Memicu Resiko Keamanan Serius

Kamis, 24 Juni 2021 - 21:21 WIB
loading...
Apple Sebut Aplikasi Sideloading Memicu Resiko Keamanan Serius
Kendati mendapat gugatan dari Epic Games, Apple tetap bersikukuh tidak mengizinkan aplikasi di luar App Store atau Sideloading dimasukan ke iPhone. Foto/dok
A A A
JAKARTA -
Kendati mendapat gugatan dari Epic Games, Apple tetap bersikukuh tidak mengizinkan aplikasi di luar App Store atau Sideloading dimasukan ke iPhone. Apple berdalih, aplikasi sideloading bisa membuat keamanan pengguna iPhone rawan terserang virus dan ransomware.

Dilansir BBC News, Kamis (24/6/2021), sebuah laporan baru Apple kembali menentang sideloading aplikasi. Laporan tersebut menunjukkan berbagai masalah hipotetis termasuk ransomware dan penipuan keuangan.



Seperti diketahui, Apple berada di bawah tekanan dari regulator dan beberapa pengembang atas App Store-nya.

Tim Sweeney, kepala Epic Games dan kritikus vokal Apple, menyebut laporan itu sebagai kebohongan.

Sementara, Marco Arment pengembang di balik aplikasi populer Overcast dan Instapaper, sebelumnya mengatakan dia menentang sideloading di iOS. Tetapi kini Arment bereaksi sebaliknya terhadap laporan Apple.

Dia menulis bahwa "hal terbaik yang dapat dilakukan Apple untuk melindungi keselamatan dan keamanan iOS yang disebut-sebut begitu gencar dalam sideloading adalah mencabut aturan pembelian dalam aplikasi yang paling antikompetitif".



"Tanpa mereka, tidak ada pemerintah yang memiliki cukup alasan untuk memaksakan perubahan yang lebih besar seperti sideloading atau toko aplikasi alternatif," katanya.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4655 seconds (0.1#10.140)