TikTok Dikritik karena Perbaiki Wajah Pengguna Tanpa Izin

Minggu, 13 Juni 2021 - 09:00 WIB
loading...
TikTok Dikritik karena Perbaiki Wajah Pengguna Tanpa Izin
Beauty Filter yang ada di TikTok banyak disukai penggunanya namun ada juga yang mengkritik karena diaktifkan tanpa persetujuan. Foto/IST
JAKARTA - Sosial media TikTok baru-baru ini mendapatkan kritikan keras karena ketahuan mengubah wajah penggunanya tanpa izin. Hal itu terungkap ketika beberapa pengguna TikTok di Amerika Serikat merasa ada yang tidak beres dengan wajah mereka ketika menggunakan TikTok.

Tori Dawn, salah seorang warga Amerika Serika, menyadari hal itu ketika dia merasakan ada yang berbeda dengan dagunya. Dia merasa dagunya tidak selancip dagu yang dihadirkan di video TikTok. "Wajah saya lebih terlihat androgini karena dagu yang sedikit kotak. Di sini dagu saya dibuat lebih lancip," keluhnya.

Baca juga : Cari Konsumen Baru, Ferrari Mulai Bisnis Baru, Pakaian dan Restoran

Bukan tidak senang, Tori Dawn hanya merasa bahwa imaji yang ditampilkan oleh TikTok tidak menampilkan dirinya secara utuh.



Keluhan yang sama juga dirasakan oleh peneliti dari Massachusetts Institute of Technology, Abby Ohlheiser. Dia mengatakan bukan hanya struktur dagunya yang berubah, kulitnya juga jadi lebih halus dari yang dia miliki.

"Saya meminta follower saya di Twitter yang sama untuk melakukan yang sama. Ternyata hal yang sama juga terjadi terutama buat pengguna Android," jelasnya.

TikTok Dikritik karena Perbaiki Wajah Pengguna Tanpa Izin


Selidik punya selidik ternyata hal itu terjadi karena TikTok mengaktifkan Beauty Filter tanpa sepengetahuan pengguna. Begitu pengguna mengaktifkan TikTok, filter yang membuat tampilan pengguna jadi lebih cantik itu langsung aktif. Walaupun di pengaturan dalam keadaan non aktif, Beauty Filter ternyata masih tetap berfungsi.

Tori Dawn bahkan membuktikannya dengan secara live soal filter yang terus berfungsi itu. Dia melakukannya dengan menutup sebagian wajahnya, terutama dari bagian hidung ke atas. Hasilnya memang terlihat begitu bagian hidung ke kepala tertutup, dagu Tori Dawn kembali ke bentuk aslinya.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE