Viral Foto Motor vs Sepeda, Perhatikan 6 Etika Dasar Bersepeda di Jalan

Sabtu, 29 Mei 2021 - 19:05 WIB
loading...
Viral Foto Motor vs Sepeda, Perhatikan 6 Etika Dasar Bersepeda di Jalan
Foto pengendara motor dan pesepeda di belakangnya yang viral di media sosial. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Sebuah foto pengendara motor yang mengacungkan jari tengah ke pesepeda yang berada di belakangnya, viral di media sosial. Dalam foto tersebut terlihat para pesepeda mengambil lajur tengah, bukan di kiri jalan atau di jalur sepedah yang sudah disediakan.

Lalu bagaimana sih sebetulnya etika bersepeda yang baik di jalanan?


Menurut komunitas sepeda Bike2Work Indonesia, etika memang bukanlah aturan hukum, tidak ada sanksi yang mengikat di dalamnya, melainkan panduan mana yang baik dan mana yang buruk.



Melalui akun Twitter nya @B2WIndonesia, mereka membagikan etika dasar bersepada di jalan berbentuk infografis yang dibuat oleh @yogadwicahyonoid.

1. Beri tanda saat akan berbelok

Beri tanda dengan tangan Anda saat akan berbelok. Hal ini sangat penting untuk memberi informasi kepada pesepeda di belakang Anda maupun pengguna jalan yang lain. Jangan memotong jalag tiba-tiba dan pastikan manuver aman.

2. Gunakan kata-kata yang sopan

Sepeda tidak dilengkapi dengan klakson. Satu satunya cara untuk memberi tahu keberadaan kita adalah dengan suara kita. Pilihlah kata kata yang sopan namun tegas dan hindari berteriak teriak, apalagi mengumpat.

3. Tetap pada lajur kiri
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2328 seconds (0.1#10.140)