Begini Cara Agar Konten Foto dan Video Soal Israel-Palestina Tidak Dihapus Instagram

Sabtu, 15 Mei 2021 - 18:51 WIB
loading...
Begini Cara Agar Konten Foto dan Video Soal Israel-Palestina Tidak Dihapus Instagram
Konten foto dan video bisa dihapus oleh Instagram dengan alasan melanggar Panduan Komunitas mereka. Foto: dok Reuters
A A A
JAKARTA - Konflik yang kembali pecah di Timur Tengah dalam sepekan terakhir antara Israel Palestina menjadi tragedi kemanusiaan. Tak heran jika banyak sekali influencer, selebritis, dan warganet yang ikut membagikan pandangan mereka terhadap konflik tersebut melalui sosial media seperti Instagram.

Meski demikian, banyak juga yang mengeluh karena postingan mereka dihapus oleh Instagram karena dianggap tidak layak. Bahkan, tidak menutup kemungkinan Instagram juga menghapus akun.



Alasannya, karena dianggap melanggar Community Guidelines atau Panduan Komunitas.

Yang harus disadari oleh warganet adalah ini: ketika mereka menggunakan platform seperti Instagram dan Facebook, secara otomatis mereka sudah dianggappatuh atau comply terhadap aturan yang diberikan oleh platform tersebut. ”Melanggar batasan/aturan bisa berakibat konten yang dihapus, akun yang diblok, dan pembatasan lainnya,” tulis Community Guidelines Instagram.

Tapi, dalam beberapa kasus yang menyangkut kesadaran publik, Instagram memperbolehkan konten tertentu selama konten itu “layak diberitakan” dan “menyangkut kepentingan umum/masyarakat”.

Dalam Community Guidelines, Instagrammenyebut bahwa mereka menyadariplatformtersebut digunakan oleh pengguna untuk membagikan berita, kejadian, serta event tertentu yang sangat penting. Yang harus diperhatikan adalah terkait foto/video yang memperlihatkan kekerasan, sadis, dan kekejaman.

Alasan Instagram karena pengguna mereka sangat majemuk dan berasal dari usia yang beragam pula. ”Kami mungkin akan menghapus video yang memperlihatkan kekerasan dan kekejaman, untuk memastikan Instagram relevan untuk semua orang,” tulis aturan mereka. ”Tapi, kami juga menyadari bahwa banyak orang membagikan konten untuk mengutuk, menggugah kesadaran, atau memberikan edukasi,".

Lalu, bagaimana caranya agar konten yang dishare sesuai konteks? Lewat Community Guidelines, Instagram menjelaskan bahwa jika memang pengguna ingin membagikan konten tertentu dengan alasan yang kuat, maka hendaknya pengguna memberikan penjelasan dan peringatan di caption bahwa foto/video yang dibagikan mengandung kekerasan. ”Karena membagikan foto dan video kekejaman untuk menglorifikasi kekerasan tidak diperbolehkan,”.

Nah, berikut adalah beberapa tips lain agar konten yang dibagikan tidak dihapus dan sesuai Panduan Komunitas dari Instagram/Facebook:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1720 seconds (0.1#10.140)