Tapo App, Satu Aplikasi Bisa Kontrol Banyak Perangkat Smart Home

Selasa, 11 Mei 2021 - 23:21 WIB
loading...
Tapo App, Satu Aplikasi Bisa Kontrol Banyak Perangkat Smart Home
Untuk memudahkan penghuni rumah ataupun kantor disarankan menggunakan perangkat pintar dengan brand yang sama sehingga dapat di kontrol melalui 1 aplikasi yang sama. Foto: ist
A A A
JAKARTA - Membangun ekosistem smart home atau rumah pintar menjadi trendy, seiring perangkat yang semakin terjangkau, internet rumah semakin cepat, dan konsumen yang kian tech savvy.

Meski demikian, kendala utama yang di dapat saat menggunakan beragam perangkat pintar dari berbagai brand adalah aplikasi yang digunakan akan berbeda beda. Misalnya, pengguna baru saja memasang IP Cam atau Smart Cam (kamera pintar) milik brand A. Lantas memasang lagi Smart Bulb (bola lampu pintar) dari brand B.


Selanjutnya, menambah pemakaian perangkat Smart Plug (colokan pintar) dari brand C. Hal ini menjadi tidak praktis. Sebab, membuat konsumen kesulitan untuk mengontrol semuanya.

”Menggunakan satu aplikasi akan jauh lebih mudah dan lebih efisien. Karena satu aplikasi bisa memantau dan mengontrol berbagai macam perangkat pintar di rumah,” ungkap Marketing Manager TP-Link Indonesia Yoshia.

Tapo App, Satu Aplikasi Bisa Kontrol Banyak Perangkat Smart Home

Yosia lantas menyinggung Tapo App. Yakni, aplikasi yang berfungsi seperti remote control untuk mengendalikan berbagai macam perangkat pintar dari Tapo. Antara lain IP camera, smart plug dan smart bulb yang digunakan untuk membangun ekosistem smart home. Aplikasi Tapo tersebut bisa di unduh secara gratis di Playstore dan App Store.

Tapo sendiri merupakan sub-brand dari TP-Link yang khusus menawarkan berbagai perangkat smart home. Produk mereka yang ada di pasar, antara lain P100 Smart Plug, Tapo C200 dan Tapo C100 IP Camera, Tapo L510E Smart Bulb dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb.

Tapo P100 Smart Plug, misalnya, adalah steker pintar. Pengguna cukup menghubungkan perangkat elektronik di rumah seperti TV, teko listrik atau setrika listrik ke Tapo P100 Smart Plug untuk dapat mengontrolnya dari Tapo App. Pengguna bisa menjadwalkan kapan Tapo P100 Smart Plug menyambung atau memutus arus listrik.

Adapun IP Cam Tapo C200 dan Tapo C100 merupakan tipe IP Cam beresolusi HD 1080p. Keduanya dibekali Motion Detection and Notification, dimana pengguna akan mendapatkan pesan instan di Tapo App ketika kamera mengangkap gerakan yang mencurigakan. Selain itu ada juga efek suara dan cahaya, serta audio dua arah dilengkapi build-in microphone dan speaker.

Untuk smart bulb, Tapo menawarkan 2 tipe. Yaitu Tapo L510E dan Tapo L530E Multicolor Smart Bulb yang dapat di adjust sesuai mood. Ada fitur Schedule & Timer untuk menghitung mundur waktu menghidupkan/mematikan bohlam, juga membuat jadwal.



Kelebihan lainnya Tapo L530E adalah multicolor dengan 16.000.000 hue yang dapat dipilih. Setara 60 watt smart bulb LED, menghasilkan kecerahan putih hingga 806 lumens dan memiliki rentang peredupan 1% hingga 100%. Semua perangkat tersebut, menurut Yoshua, dapat dikontrol lewat aplikasi Tapo.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2104 seconds (0.1#10.140)