Penasaran Kenapa iPad Tak Disertai Kalkulator? Ini Alasannya

Selasa, 11 Mei 2021 - 14:14 WIB
loading...
Penasaran Kenapa iPad Tak Disertai Kalkulator? Ini Alasannya
Penggemar produk-produk Apple mungkin ada yang penasaran alasan iPad tak dibekali kalkulator, sedangkan iPhone, Mac, Apple Watch, hingga iPod Touch memilikinya. Foto/id
A A A
CUPERTINO - Penggemar produk-produk Apple mungkin ada yang penasaran alasan iPad tak dibekali kalkulator, sedangkan iPhone, Mac, Apple Watch, hingga iPod Touch memilikinya.

Semua berawal ketika iPad generasi pertama diproduksi oleh Apple, pada 2010. Saat itu, Apple tentu berencana memasukan kalkulator ke dalam iPad, mengingat perangkat lain buatannya memiliki kalkulator.



Namun, mengutip dari Macworld, Selasa (11/5/2021), meski bukan pernyataan resmi Apple, kabarnya keputusan dihapusnya kalkulator dari iPad diambil oleh Sang Pendiri Apple, mendiang Steve Jobs.

Jadi, sekitar sebulan sebelum iPad generasi pertama diumumkan ke khalayak, Jobs bertanya kepada Scott Forstall (yang saat ini memimpin pengembangan software untuk tablet) terkait desain baru dari kalkulator untuk iPad.

Forstall kaget dengan pertanyaan tersebut, karena tak menyiapkan desain baru. Pasalnya, kalkulator di iPad rencananya akan sama seperti yang ada di iPhone.

Tetapi Jobs tak setuju dan memutuskan agar iPad tak dibekali kalkulator. Bukan tanpa upaya, Forstall tetap bersikeras agar iPad memiliki kalkulator.



Tetapi karena harus melibatkan tim UI untuk merancang tampilan baru, sedangkan waktu pengerjaan sudah sangat mepet, mereka akhirnya setuju untuk tidak menyertakan kalkulator di iPad.

Lebih dari satu dekade iPad menjadi salah satu produk unggulan dari Apple. Sejak saat itu pula hingga versi terbarunya, Apple tak pernah menyertakan kalkulator di iPad.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)