Twitter Tambah Fitur 'Tip Jar' yang Memungkinkan Cuitan Mendulang Uang

Selasa, 11 Mei 2021 - 07:17 WIB
loading...
Twitter Tambah Fitur Tip Jar yang Memungkinkan Cuitan Mendulang Uang
Twitter telah meluncurkan fitur "tip jar" baru. Foto/dok
JAKARTA - Twitter telah meluncurkan fitur "tip jar" baru yang memungkinkan orang mengirim uang ke orang lain di jejaring sosial. Twitter mengatakan fitur tersebut adalah cara untuk mendukung cuitan luar biasa yang membentuk diskusi positif.

Dilansir BBC News, pertama hanya sekelompok orang tertentu yang dapat menerima tip, seperti cuitan orang pertama, jurnalis, pakar, dan organisasi nirlaba.

BACA: Twitter Sensor Cuitan yang Mengkritik India Dalam Menanganai Pandemi

Namun fitur tersebut juga dikritik karena mengungkap informasi pribadi seperti alamat email.

Fungsi toples tip pada dasarnya menambahkan ikon kecil ke profil pengguna yang sementara ini hanya ada di perangkat seluler. Untuk memberi tip dilakukan dengan menu tarik-turun untuk penyedia pembayaran lain seperti PayPal, Venmo, atau Aplikasi Tunai, dua yang terakhir populer di Amerika Serikat.



Tetapi karena pembayaran dilakukan melalui sistem eksternal, beberapa pengguna Twitter memperhatikan bahwa memberi tip pada akun PayPal memungkinkan penerima mengetahui alamat pos pengirim tip. Dalam kasus lain, alamat email penerima dapat dilihat, apakah ada uang yang dikirim atau tidak.

Setelah pakar keamanan Rachel Tobac menyoroti masalah tersebut, pimpinan produk Twitter Kayvon Beykpour mengatakan Twitter tidak dapat mengontrol cara PayPal menangani informasi itu.

BACA JUGA: Gak Bisa Mudik, Ini 5 Aplikasi Video Cal yang Bisa untuk Silaturahmi

Sebaliknya, Twitter mengatakan sedang memperbarui informasi di sekitar toples tip untuk memperjelas beberapa informasi yang perlu dibagikan.

Sedangkan PayPal mengatakan masalah itu muncul karena tabung tip Twitter menggunakan opsi pembayaran "barang dan jasa". Opsi ini akan membuat rincian untuk pengiriman barang-barang tersebut otomatis dibagikan. Untuk menghindarinya, orang dapat beralih ke opsi "teman dan keluarga".



Twitter mengatakan penambahan fitur itu terinspirasi oleh orang-orang yang menambahkan tautan pembayaran atau iklan Patreon dalam membalas tweet viral.

BACA JUGA: Angkat Wiper dari Kaca Mobil, Waspadai Hal Ini

"Kami membagikan tautan PayPal Anda setelah Tweet Anda menjadi viral dengan menambahkan Cashtag Anda ke profil Anda sehingga orang-orang dapat mendukung pekerjaan Anda," tulis senior Twitter manajer produk Esther Crawford di entri blog yang mengumumkan fitur tersebut.
(ysw)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE