Tak Hanya Ponsel, Huawei Janjikan HarmonyOS Hadir di Banyak Perangkat

Sabtu, 01 Mei 2021 - 18:05 WIB
loading...
Tak Hanya Ponsel, Huawei Janjikan HarmonyOS Hadir di Banyak Perangkat
Tampak HarmonyOS yang digunakan di sebuah tablet. Foto: Ist
JAKARTA - Huawei mengungkap sistem operasi HarmonyOS tidak hanya hadir perangkat seluler mereka saja. Selain ponsel, ada juga perangkat lain yang masuk ke dalam ekosistem Huawei yang juga akan mendapat sistem operasi yangterus mereka kembangkan sendiri itu.

BACA JUGA: Canon PowerShot Zoom, Ini Sebenarnya Teropong atau Kamera Sih?

Kendati demikian pihak Huawei tidak menyebutkan detail seperti perangkat apa saja dan kapan pembaruan itu akan tersedia.

"Akan ada banyak perangkat yang menggunakan nya. Kami telah mengerjakan pembaruan akhir-akhir ini terutama tahun 2020 untuk virtual Harmony OS 2.0. Kami berharap bisa segera dirilis, bisa ditunggu saja," ujar Regional BD Director APAC Ecosystem Development Dept Huawei Consumer Business Group Tek Lik, saat konferensi pers virtual,belum lama ini.

Seperti yang diketahui, sejak 2019, setelah Departemen Perdagangan AS melarang Huawei dari rantai pasokannya di AS, pabrikan telepon dan peralatan jaringan China itu bergegas mencari sumber baru.

Kemudian pada Agustus 2019, Huawei mengumumkan telah mengembangkan sistem operasi (OS) baru bernama Harmony. Banyak yang beranggapan sistem operasi baru ini bakal segera digunakan Huawei untuk menggantikan Android. Ternyata tidak demikian.



Beberapa waktu lalu, Richard Yu, CEO Grup Konsumen Huawei, menunjukkan bahwa Harmony didasarkan pada mikrokernel yang memungkinkannya digunakan pada berbagai perangkat seperti speaker pintar, tablet, jam tangan pintar, komputer, mobil, dan smartphone.

BACA JUGA: Ternyata Begini Rasanya Mengendarai Honda City Hatchback RS

Huawei juga mencatat bahwa HarmonyOS akan berfungsi pada perangkat yang dilengkapi dengan RAM dalam jumlah kecil dan yang membutuhkan memori ratusan gigabyte. Sejauh ini, Harmony OS hanya tersedia untuk konsumen di televisi.
(dan)
preload video
Topik Terkait
Komentar Anda
TEKNO UPDATE