Kominfo Pastikan telah Takedown 3.640 Konten SARA sejak 2018

Selasa, 27 April 2021 - 20:07 WIB
loading...
Kominfo Pastikan telah Takedown 3.640 Konten SARA sejak 2018
Ilustrasi Hoax yang bersiliweran di jagat maya. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Sejak 2018, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku telah melakukan pemutusan akses atau takedown, terhadap 3.640 konten yang mengadung unsur Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA).

“Kominfo telah melakukan pemutusan akses atau takedown terhadap 3.640 konten yang menimbulkan kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA," kata Juru Bicara Kominfo, Dedy Permadi, di Jakarta.

Dedy menambahkan, dari total konten yang di-takedown hingga 26 April 2021 itu, sudah termasuk pemutusan akses terhadap 54 konten yang diduga mengandung muatan kebencian dan permusuhan, yang pertama kali diunggah oleh Jozeph Paul Zhang.



Seperti diketahui, konten Paul Zhang sempat ramai di media sosial, karena ia mengaku sebagai Nabi ke-26 dan diduga telah melakukan penistaan agama.

“Perlu kami informasikan juga konten yang telah di-takedown tersebut, meliputi konten yang ada kriterianya karena Kominfo pasti memiliki dasar untuk melakukan takedown,” imbuhnya.

Dedy menyatakan, Kominfo akan terus mengambil langkah tegas dalam menangani penyebaran konten, yang bermaksud menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan SARA.

“Kembali lagi kami tegaskan, Kominfo bertindak tegas di dalam menangani konten ujaran kebencian yang berbau SARA, ” tandasnya.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7575 seconds (0.1#10.140)