Ingin Beli Laptop MacBook Seken? Perhatikan Cycle Count Baterai

Senin, 12 April 2021 - 14:05 WIB
loading...
Ingin Beli Laptop MacBook Seken? Perhatikan Cycle Count Baterai
Jangan sampai tergiur harga murah, padahal baterai yang digunakan ternyata ngedrop atau sudah tidak prima lagi kondisinya. Foto: dok Caroussel
JAKARTA - Jumlah cycle count baterai menjadi salah satu pertanyaan bagi mereka yang sedang mencari laptop MacBook seken/bekas. Apa gunanya?

Selain kondisi fisik, harga, serta tahun pembuatan, Stanley memperhatikan deskripsi ini kala dirinya sedang mencari laptop MacBook bekas: jumlah cycle count. ”Semakin sedikit jumlah cycle count, teorinya semakin bagus untuk kesehatan baterai,” ujarnya.

BACA JUGA: Video Anda Dihapus YouTube? Salahkan Machine Learning dan 20 Ribu Human Reviewers

Apa itu cycle count dan mengapa penting bagi pengguna laptop MacBook? cycle count adalah istilah yang dipakai untuk menghitung siklus pengisian baterai.
Dimulai dari kondisi baterai kosong atau habis (0%) untuk kemudian diisi ulang sampai penuh (100%).

Di atas kertas, Baterai normal dapat mempertahankan Battery Health di atas 80% pada kondisi di bawah 500 cycle count. Sebab, setelah 500 cycle count kondisi baterai akan menurun. Apalagi jika cycle count di atas angka 1.000. Macbook anda akan lebih sering “Low Batt” dan meminta untuk di Charge.



Contoh, jika kapasitas penuh baterai sebuah MacBook adalah 4.000 mAh, maka saat di-charge, baterai yang kondisinya sudah menurun maksimal hanya bisa menampung 3.600 mAh saja. Walau, fungsinya masih normal.

Ingin Beli Laptop MacBook Seken? Perhatikan Cycle Count Baterai

Contoh foto cycle count dalam salah satu lapak jual beli online yang menjadi informasi "wajib" disertakan saat menjual laptop MacBook seken.

Cara mengetahui cycle count di laptop Apple mudah. Cukup klik logo Apple di sudut kiri atas sambil menekan tombol Option.

Lalu, pilih panel System Information. Pada bagian kiri panel pilih Power. Selanjutnya muncul informasi cycle count, kondisi baterai saat terisi penuh, status baterai, dan lainnya. Hal ini perlu diperhatikan sebab baterai adalah salah satu komponen termahal pada MacBook.

Jangan sampai tergiur harga murah, padahal baterai yang digunakan ternyata ngedrop atau sudah tidak prima lagi kondisinya. Apalagi jika menemukan status baterai “Replace Soon”.



Memang baterai memiliki masa pakai terbatas dan menurun seiring waktu. Tapi, jika pemakaiannya terawat, usianya pun lebih panjang. Misalnya, dengan tidak membiarkan laptop terus menerus di charge/dicolok listrik.

BACA JUGA: Maksimalkan Tiga Fitur Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Ini untuk Bikin Video

Proses replacement dapat dilakukan oleh teknisi professional di Service Center ataupun sendiri dengan menggunakan alat.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE