Pertumbuhan .id Jadi Domain ccTLD Terpesat di Dunia

Sabtu, 10 April 2021 - 18:53 WIB
loading...
Pertumbuhan .id Jadi Domain ccTLD Terpesat di Dunia
menurut data dari CENTRstats pada kuartal 4 edisi 33 tahun 2020, pertumbuhan tertinggi ccTLD ada pada domain .id (Indonesia) dengan pertumbuhan sebanyak 40%, disusul oleh .cy (Siprus) dengan pertumbuhan 23% dan .ar (Argentina) sebanyak 22%. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Asosiasi Pendaftaran Domain Tingkat Tinggi Negara di Eropa (CENTR) merilis data pertumbuhan domain tingkat tinggi seluruh dunia, diantaranya merilis domain global (gTLD) dan merilis kode negara domain tingkat tinggi (ccTLD).

Dalam kategori ccTLD, menurut data dari CENTRstats pada kuartal 4 edisi 33 tahun 2020, pertumbuhan tertinggi ccTLD ada pada domain .id (Indonesia) dengan pertumbuhan sebanyak 40%, disusul oleh .cy (Siprus) dengan pertumbuhan 23% dan .ar (Argentina) sebanyak 22%. Penghitungan ini berdasarkan periode september 2020.


Gunawan Tyas Jatmiko selaku Deputi Pengembangan Bisnis dan Kerjasama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) mengaku senang atas pencapaian yang diraih .id. Menurutnya hal ini tidak lepas dari strategi marketing yang dijalankan PANDI selaku Registri nama domain .id.

"Capaian ini tidak terlepas dari strategi pemasaran yang PANDI jalankan, dengan melihat situasi dan kondisi saat ini tentu membutuhkan treatment berbeda dalam melakukan penetrasi. Berkat kerja keras PANDI selama ini, berimbas pada peningkatan jumlah pengguna domain .id," ungkap Gunawan

CENTR saat ini memiliki 53 anggota penuh dan 9 anggota asosiasi. Mereka bertanggung jawab atas lebih dari 80% dari semua nama domain kode negara yang terdaftar di seluruh dunia. Tujuan dari CENTR adalah untuk mempromosikan dan berpartisipasi dalam pengembangan standar tinggi dalam pendaftaran ccTLD.

CENTR mencatat permintaan pembelian domain mencapai puncaknya pada November 2020 dengan data peningkatan rata-rata 27% dari tahun ke tahun (CENTR30).

Peningkatan jumlah domain yang mengalami tren kenaikan yang sangat positif di tahun 2020, bahkan menyita perhatian Pengelola Domain Tingkat Asia Pasifik (APTLD). Pasalnya peningkatan pengguna domain .id yang signifikan tersebut, merupakan torehan tertinggi se-Dunia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2744 seconds (0.1#10.140)