Banyak Fitur dalam Desain Segar, Ini Perbandingan realme 8 Pro dan Galaxy A52

Kamis, 08 April 2021 - 17:19 WIB
loading...
Banyak Fitur dalam Desain Segar, Ini Perbandingan realme 8 Pro dan Galaxy A52
realme 8 pro dan Galaxy A52 memiliki kelebihannya masing-masing. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Kalian lagi pengen ganti smartphone di kisaran Rp4 jutaan? Kalau begitu. mungkin kamu bisa saring pilihanmu ke realme 8 Pro dan Samsung Galaxy A52.

Alasannya sederhana, baik realme 8 Pro yang baru meluncur kemarin dan Galaxy A52 sama-sama mengunggulkan desain baru yang lebih segar dan muda. Plus peningkatan di sektor lain, seperti kamera untuk menunjang kreativitas para penggunanya.




Lalu mana yang layak kamu miliki? Simak perbandingannya berikut.

Banyak Fitur dalam Desain Segar, Ini Perbandingan realme 8 Pro dan Galaxy A52


realme 8 Pro mengusung slogan yang realme sebut Infinite Bold Design dengan Infinite Starry Design, sedangkan Galaxy A52 hadir dengan Awesome Design. Urusan desain memang tidak ada poin penilai yang pasti sebab lebih ke preferensi masing-masing. Meski demikian, jika diukur dari keniatan vendor dalam menciptakan produknya, kami simpulkan bahwa realme 8 Pro memberikan tampilan yang lebih berani dengan permainan tekstur dan motif, di mana Galaxy A52 lebih simpel penampilannya.

Keduanya sama-sama menggunakan material pastik, hanya realme 8 Pro memainkan tekstur doff yang memberi kilauan ketika terkena sinar Matahari. Galaxy A52 datang dengan warna monotone dan permukaan doff yang sederhana.

Jika membahas lebih jauh lagi, realme 8 Pro memiliki bobot lebih ringan sebesar 176 gram, sedangkan Galaxy A52 sedikit lebih berat dengan 189 gram. Keduanya sama-sama tergolong tipis sekitar 8 mm serta mengusung baterai berkapasitas 4.500mAh.

Kedua smartphone sama-sama membawa panel Super AMOLED yang berikan kontras warna manjakan mata. Tapi bicara tingkat kecerahan, nyatanya realme unggul dengan angka 1.000 nits dibanding 800 nits. Meski tidak memiliki refresh rate 90Hz, panel layar realme 8 Pro akan lebih mudah terlihat saat penggunaan di bawah sinar Matahari sehingga hal ini terasa lebih berguna di penggunaan sehari-hari.

Berlanjut ke urusan fotografi, realme 8 Pro membawa resolusi kamera yang sangat besar yakni 108MP. Sedangkan Galaxy A52 membawa resolusi yang juga tidak bisa dikatakan kecil, 64MP.

Besaran resolusi memang tidak menjadi penilai mutlak, tapi dengan resolusi yang lebih besar, secara otomatis akan membuatmu leluasa untuk mengolah lebih lanjut hasil foto yang didapatkan. Di sisi lain juga akan memberikan detail yang lebih baik saat foto diperbesar atau dicetak dalam ukuran besar. Oleh karena itu realme 8 Pro terlihat menjadi smartphone yang lebih unggul dalam poin perbandingan ini.

Sebagai keunggulan tambahan, realme 8 Pro turut memberikan segudang fitur fotografi yang bisa dimanfaatkan dalam berkreasi. Beberapa mode baru yang disediakan realme 8 Pro seperti Tilt-shift, Dynamic Bokeh, Ultra Nightscape, Dual-view Video, Time-lapse Starry Mode, dan Tilt-shift Video.



Banyak Fitur dalam Desain Segar, Ini Perbandingan realme 8 Pro dan Galaxy A52


Untuk Samsung Galaxy A52, smartphone ini tidak menyediakan mode fotografi selengkap itu, namun yang paling bisa dibanggakan adalah keberadaan fitur OIS atau penstabil optik untuk hasil foto/video yang lebih minim guncangan. Meski tidak memilikinya, setidaknya realme 8 Pro tetap memiliki penstabil berbasis elektronik yaitu gyro-EIS yang cukup andal menghindari hasil blur.

Lalu hal yang tidak kalah penting untuk dibahas adalah sektor baterai. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kedua smartphone membawa kapasitas baterai 4500mAh. Yang membedakan adalah penggunaan teknologi fast charging.

realme melanjutkan keandalannya dalam urusan fast charging dengan memberikan teknologi 50W SuperDart Charge yang bisa mengisi penuh baterai realme 8 Pro kurang dari satu jam. Galaxy A52 membawa kekuatan fast charging yang lebih kecil yaitu 25W, dan membutuhkan waktu satu jam lebih untuk bisa baterai di dalamnya terisi penuh dari kondisi kosong.

Sebagai nilai tambah, realme cerdik melihat peluang dengan menawarkan total garansi 18 bulan, plus asuransi layar jika pecah atau rusak akibat penggunaan. Untuk Samsung masih standar dengan garansi 12 bulan.

Dari perbandingan-perbandingan yang dapat dibaca di atas, terlihat meski berasal dari brand yang berumur lebih muda, realme 8 Pro bisa memberikan lebih dari yang mungkin kamu harapkan. Belum lagi selisih harga keduanya yang lumayan, sekitar Rp500.000.

Hal ini membuat realme 8 Pro lebih layak untuk kamu pinang sebagai smartphone baru. Mau urusan gaming, chatting, streaming, realme 8 Pro bisa memberikan kenyamanan dan nilai tambah yang lebih baik ketimbang rivalnya itu.
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1850 seconds (0.1#10.140)