Pangkas Emisi Gas Rumah Kaca, Netflix Targetkan Zero di Tahun 2022

Kamis, 01 April 2021 - 05:06 WIB
loading...
Pangkas Emisi Gas Rumah Kaca, Netflix Targetkan Zero di Tahun 2022
Kantor Pusat Netflix di Sunset Blvd. di Hollywood, California. Foto/Netflix
A A A
CALIFORNIA - Netflix menargetkan untuk mengurangi emisi rumah kaca hingga nol persen pada tahun 2022 untuk mencegah kerusakan iklim makin parah akibat pemanasan global. Dengan target itu, berarti mereka berencana untuk mengurangi sebagian dari emisinya dan mencari cara untuk menangani sisanya.

Pada tahun 2030, Netflix mengatakan akan mengurangi emisi dari operasi dan penggunaan listriknya sebesar 45 persen. Tetapi Netflix juga berupaya untuk mencegah polusi yang dihasilkan dari produksi dan streaming film dan acara TV-nya. (Baca: Apakah Aplikasi Android Anda Masih Mogok, Coba Solusi Ini)

Untuk memenuhi tenggat waktu tahun depan, perusahaan ini terutama mengandalkan penyeimbangan emisinya, dengan memperlambat perubahan iklim. Netflix berencana berinvestasi dalam program yang didedikasikan untuk melestarikan dan memulihkan ekosistem yang secara alami menyimpan karbon dioksida.

Upaya untuk menghapus jejak karbon perusahaan dengan menanam pohon dan melestarikan hutan telah gagal mengurangi emisi gas rumah kaca secara substansial di masa lalu. Netflix mengatakan mereka telah mengembangkan proses menyeluruh untuk memeriksa proyek semacam ini, yang mungkin termasuk mengunjungi situs secara langsung atau memantau kemajuan mereka melalui satelit.

Tahun lalu Netflix mengungkapkan bahwa menghasilkan sekitar 1,1 juta metrik ton CO2. Jumlah sebesar itu setara dengan emisi tahunan dari sekitar 240.000 mobil penumpang. Jumlah tersebut belum dihitung dari emisi yang berasal dari infrastruktur internet yang dibutuhkan untuk streaming acara, atau dari perangkat yang digunakan orang untuk menonton kontennya. (Baca juga: Berburu Mitsubishi Expander Bekas, Apa Saja Kelebihannya)

Pencemaran yang dilaukan Netflix tahun 2020 memang mengalai penurunan 14 persen dari tahun 2019. Sebabnya karena banyak konten Netflix ditunda karena pandemi.

Setahun sebelum pandemi, penggunaan energi Netflix benar-benar meroket. Ini menggunakan 84 persen lebih banyak listrik pada 2019 dibandingkan dengan tahun sebelumnya. (Basis pelanggannya tumbuh 20 persen selama periode waktu yang sama.)

Produksi fisik konten bermerek Netflix bertanggung jawab atas setengah dari seluruh jejak karbonnya pada tahun 2020. Operasi perusahaan dan barang yang dibeli menghasilkan 45 persen emisi lagi, sedangkan pusat data menghasilkan 5 persen.

Untuk mengurangi polusi yang memanaskan planet ke depannya, Netflix mengatakan akan mengganti bahan bakar fosil dengan energi terbarukan sebanyak mungkin. Mengenai pembuatan film di seluruh dunia, perusahaan mengatakan rencananya akan mempekerjakan lebih banyak kru lokal untuk menghindari polusi dari perjalanan. (Baca juga: Bersiap Peta Baru Among Us Akan Dirilis 31 Maret)

Perubahan bertahap pada akhirnya bisa menambah kemenangan besar bagi planet ini. Industri film membutuhkan pemimpin dalam hal aksi iklim. Mengubah dunia dimulai dengan satu perusahaan melangkah dan menginspirasi orang lain untuk bergabung dengan mereka.

"Saya sangat senang melihat bagaimana Netflix mengambil peran kepemimpinan ini," kata Katharine Hayhoe, seorang ilmuwan iklim di Texas Tech University, dalam sebuah pernyataan tentang tujuan keberlanjutan baru Netflix.
(ysw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1761 seconds (0.1#10.140)