Filter Bawaan Apple Blokir Beberapa Penelusuran Berkaitan dengan 'Asia'

Kamis, 01 April 2021 - 03:02 WIB
loading...
Filter Bawaan Apple Blokir Beberapa Penelusuran Berkaitan dengan Asia
Foto/dok
JAKARTA - Filter konten web bawaan Apple untuk iOS dan macOS tampaknya telah memblokir penelusuran apa pun yang berisi kata "Asia" selama hampir setahun. Menurut Laporeran baru dari Mashable, kesalahan tersebut kini sudah diperbaiki.

Masalah muncul saat pengguna Apple membatasi perangkat dengan mengaktifkan pembatasan konten "Batasi Situs Web Dewasa". Sayangnya, itu tidak hanya memblokir situs dewasa, tetapi memblokir hampir semua penelusuran yang berkaitan dengan budaya Asia, termasuk "pasar Asia", "budaya Asia", dan bahkan "hentikan kebencian Asia." (Baca: Giliran iPhone 12 yang Bakal Berlabel Made in India)

The Verge dapat mengonfirmasi bahwa pencarian di atas diblokir pada perangkat yang menjalankan versi perangkat lunak Apple saat ini (iPadOS 14.4.1 dan macOS 11.2.3) dengan pembatasan konten diaktifkan.

Pencarian diblokir di Safari dan Chrome di perangkat iOS, tetapi Chrome dapat melakukannya di macOS. Perangkat tanpa batasan konten yang diaktifkan dapat melakukan pencarian dan menerima hasil.

Kabar baiknya adalah masalah ini akan segera diselesaikan. Pencarian bekerja pada perangkat yang menjalankan iOS 14.5 beta, laporan Mashable. Tetap saja, konyol karena butuh waktu lama untuk memperbaikinya: ada laporan masalah dari Februari 2020, dan seharusnya tidak menjadi masalah sejak awal.



Tentu saja, membuat filter untuk konten dewasa sangat sulit, tetapi hampir seluruhnya memblokir kata yang digunakan untuk mendeskripsikan 60 persen populasi dunia jelas tidak benar. (Baca juga: Jaringan Anti Lemot dan dan Jaminan Proteksi Layanan Internet)

Di perangkat lunak non-beta saat ini, filter berperilaku sangat aneh. "Restoran Asia" diblokir di macOS tetapi tidak di iOS, sedangkan "Makanan Asia" diblokir di keduanya.

Meskipun masalah tersebut telah ada cukup lama, hal itu sangat memalukan bagi Apple . Apalagi saat ini, ketika sentimen dan kekerasan anti-Asia sedang meningkat di Amerika Serikat. Senang rasanya melihat ini harus diselesaikan di versi iOS berikutnya, tetapi seharusnya tidak memakan waktu selama ini.
(ysw)
preload video
Komentar Anda