Teknologi Video Game Rambah Industri Media dan Hiburan

Rabu, 31 Maret 2021 - 12:04 WIB
loading...
Teknologi Video Game Rambah Industri Media dan Hiburan
The Unreal Engine, Teman kreatif yang Kuat Unreal Engine dari Epic Games adalah jajaran lengkap alat pengembangan berkualitas tinggi bagi mereka yang ingin memanfaatkan solusi teknologi real time. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Visualisasi kreatif sudah berevolusi secara besar-besaran selama bertahun-tahun, dari animasi 3D dan imaging software yang menciptakan karakter Disney dan Pixar, hingga tools baru yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Visual Reality (VR) demi menciptakan dunia baru yang imersif.

Peningkatan utama ada pada pengembangan teknologi rendering real time yang memungkinan animasi dan grafis dihasilkan tanpa harus menunggu lama, serta melalui rangkaian proses terkotak-kotak. Walaupun menjadi game-changer bagi banyak spesialis visualisasi, teknologi real time sudah lama menjadi fitur online gaming dan komunitas e-sport yang selalu berada di garis depan tren teknologi visual tersebut.

Teknologi visualisasi kreatif pernah terlempar ke ranah pekerjaan grafis komputer atau komunitas game. Namun, peningkatan pesat teknologi dan fitur-fiturnya yang semakin intuitif dan mudah digunakan membuka banyak sekali peluang untuk mendorong inovasi di berbagai sektor.

"Kita dengan cepat bergerak mendekati garis depan berikutnya dalam inovasi enterprise, yaitu titik pertemuan antara kreativitas dan teknologi. Inilah titik di mana teknologi seperti visualisasi real-time bisa menciptakan revolusi dalam cara kerja dan penciptaan nilai di berbagai industri," kata Arvind Neelakantan, Head of Tech India/ASEAN Epic Games dalam konferensi pers online, baru-baru inin.

Lebih lanjut dikatakan, teknologi visualisasi seperti AR dan VR, serta real time rendering yang sudah diadopsi secara luas di sektor video game bisa menjadi kelengkapan bagi content creator, produser serta penyelenggara acara dan komunikator menghidupkan visi mereka dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga menghadirkan konten canggih, pengalaman interaktif dan dunia virtual yang imersif.

Masa Depan Dunia
Game changer terbaik di dunia teknologi selalu bisa diperluas dan ditingkatkan. Seperti adaptabilitas Artificial Intelligence (AI), yang penggunaannya mulai dari memprediksi perubahan di rantai pasokan global hingga penggunaan chatbot di situs e-commerce, visualisasi kreatif dan teknologi real time juga bisa diperluas di beberapa sektor lain.

Peluangnya sangat luas dan pengembang hanya dibatasi oleh imajinasi mereka. Sebagai contoh, seperti apa masa depan film dan hiburan dengan visualisasi kreatif? Ini bisa menandai era baru storytelling yang memungkinkan para pekerja profesional untuk membayangkan kembali komunikasi dengan efisiensi produksi secara komprehensif yang diraih melalui aset, efek visual dalam kamera, komposisi dan rendering secara real time dan alat-alat produksi virtual yang optimal.

"Baik untuk pencarian virtual, mendesain rangkaian aksi atau mengendalikan lampu dan kamera, teknologi visualisasi memungkinkan alur kerja yang lebih cepat dan lebih kolaboratif di semua jalur produksi sehingga para pekerja profesional bisa mengambil keputusan kreatif dengan cepat di samping menghemat waktu dan anggaran," paparya.

The Unreal Engine, Teman kreatif yang Kuat
Unreal Engine dari Epic Games adalah jajaran lengkap alat pengembangan berkualitas tinggi bagi mereka yang ingin memanfaatkan solusi teknologi real time, baik di telepon genggam, PC, konsol, platform AR dan VR. Mulai dari visualisasi desain hingga pengalaman sinematik yang imersif, creator kini bisa memanfaatkan teknologi Unreal untuk visualisasi photorealistic, desain produk interaktif, film, produksi virtual, siaran TV realitas campuran dan kebutuhan hiburan animasi.

Terlepas dari industrinya, Unreal Engine sudah terbukti sebagai sekutu kreatif strategis bagi creator dan inovator di era digital. Khusus di industri yang sifatnya teknis, kaku dan membutuhkan banyak waktu seperti media dan hiburan, Unreal sudah menjadi revolusioner dalam mentransformasi alur kerja, memungkinkan pengguna untuk mewujudkan imajinasi dan visi mereka jadi lebih hidup dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7296 seconds (0.1#10.140)