Fantastis, Hasil Lukisan Sophia si Robot Humanoid Terjual Rp9.9 Miliar

Senin, 29 Maret 2021 - 17:44 WIB
loading...
Fantastis, Hasil Lukisan Sophia si Robot Humanoid Terjual Rp9.9 Miliar
Robot Sophia yang terjual hingga Rp9,9 miliar di balai lelang. Foto: Reuters
A A A
JAKARTA - Sebuah karya seni digital yang dibuat oleh robot humanoid Sophia berhasil terjual di acara lelang. Karya seni tersebut dilego dengan harga USD688.888 atau sekitar Rp9.9 miliar dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT).

Lukisan Sophia ini merupakan hasil kerja sama dengan seniman digital Italia Andrea Bonaceto . Salah satu karya Bonaceto di antaranya menggambarkan orang-orang terkenal, seperti kepala eksekutif Tesla, Elon Musk.



Fantastis, Hasil Lukisan Sophia si Robot Humanoid Terjual Rp9.9 Miliar

Robot tersebut menggabungkan elemen dari karya Bonaceto, sejarah seni, dan gambar fisik atau lukisannya pada berbagai permukaan dalam proses yang digambarkan oleh penciptanya David Hanson sebagai "putaran berulang evolusi".

Berjudul "Instansiasi Sophia", karya digital tersebut berupa file MP4 berdurasi 12 detik yang menunjukkan evolusi potret Bonaceto menjadi lukisan digital Sophia.

Selain itu juga disertai dengan karya seni fisik yang dilukis oleh Sophia pada cetakan potret dirinya.


"Saya sangat senang dengan tanggapan orang-orang terhadap teknologi baru seperti robotika dan saya sangat senang menjadi bagian dari kreativitas ini," kata Sophia, yang mengenakan gaun berwarna perak, dilansir dari Reuters, Senin (29/3).

Kolektor seni dan investor blockchain Jehan Chu percaya ada banyak uang yang menunggu untuk diinvestasikan dalam barang digital dan sementara sektor seni digital terlihat naik daun saat ini.



“Apa yang kami lihat saat ini tampak seperti gelembung kecil, terutama di dunia seni NFT,” ujar Chu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1894 seconds (0.1#10.140)