LAPAN, Telkomsat, dan Tel-U Jalin Kerja Sama untuk Produk Misi Satelit Orbit Rendah

Selasa, 23 Maret 2021 - 09:24 WIB
loading...
LAPAN, Telkomsat, dan Tel-U Jalin Kerja Sama untuk Produk Misi Satelit Orbit Rendah
Ketiga instansi ini berkeinginan untuk mendayagunakan sumber daya serta kompetensinya dalam perencanaan, pengembangan, dan pengujian Satelit Orbit Rendah. Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Dalam rangka peningkatan peran pengkajian dan penerapan teknologi dalam mendukung pemulihan ekonomi nasional, LAPAN, Telkomsat, dan Telkom University (Tel-U) sepakat untuk bersinergi dalam Pengembangan dan Komersialisasi Produk Misi Satelit Orbit Rendah.

Ketiga instansi ini berkeinginan untuk mendayagunakan sumber daya serta kompetensinya dalam perencanaan, pengembangan, dan pengujian Satelit Orbit Rendah.




Selain itu, ketiganya juga sepakat bekerja sama dalam hal pabrikasi, peluncuran, dan operasional Satelit Orbit Rendah.

"Kerja sama juga mencakup aspek manajerial dan komersialisasi," tulis LAPAN dalam laman resminya, dikutip Selasa (23/3/2021).

Kolaborasi antara LAPAN, Telkomsat, dan Tel-U merupakan salah satu upaya untuk membangun ekosistem industri satelit Indonesia di era revolusi industri 4.0, dan juga upaya bersama untuk meningkatkan penggunaan produk dalam negeri.

"Keterlibatan industri dan akademisi sangat penting mengingat LAPAN sebagai lembaga penelitian, pengembangan, dan perekayasaan dibatasi berbagai regulasi," tambah lembaga antariksa itu.

Hal ini digadang sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu, bahwa Indonesia sebagai negara dengan sumber daya alam melimpah harus mampu melakukan penguasaan dan pemanfaatan teknologi secara bijak, sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi rakyat di era revolusi industri 4.0.



Kerja sama antara LAPAN, Telkomsat, dan Tel-U ini bukanlah yang pertama. Pada 2014 silam, LAPAN menjalin kerja sama dengan Telkom University terkait penelitian, pendidikan dan pemanfaatan iptek kedirgantaraan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)