Penting, Mitos dan Fakta Seputar Baterai Ponsel yang Wajib Diketahui!

Senin, 22 Maret 2021 - 12:20 WIB
loading...
Penting, Mitos dan Fakta Seputar Baterai Ponsel yang Wajib Diketahui!
Panas adalah pembunuh baterai, jadi sebaiknya pengguna tidak menutupi smartphone saat sedang diisi dayanya dan jauhkan dari tempat yang panas. Foto: dok OPPO
A A A
JAKARTA - Kapasitas baterai pasti menurun seiring bertambahnya usia pemakaian ponsel . Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memperpanjang umur baterai dan handset.

Ponsel cerdas masa kini kebanyakan tidak lagi menggunakan baterai yang terpisah atau bisa dilepas-pasang. Sebab, baterainya telah terpasang di dalam bodi ponsel.



Maka tak heran jika konsumen mencari smartphone dengan baterai berkapasitas besar. Apalagi kini adanya teknologi fast charging atau pengisian daya cepat membuat penggunanya semakin lekat dengan gawainya.

Namun, karena tidak adanya baterai yang dapat diganti berarti pada akhirnya sel lithium-ion yang ada di ponsel lama kelamaan akan menua dan memburuk.

Nah, berikut beberapa kiat yang terbukti secara ilmiah untuk memaksimalkan masa pakai baterai ponsel.

Mitos Menghapus Memori Baterai
Salah satu mitos baterai adalah bahwa Anda perlu sekali-sekali mengosongkan dan mengisi ulang untuk menghapus "memori baterai".

Hal ini sebenarnya salah kaprah jika diterapkan pada baterai berjenis lithium-ion. Pengisian daya sebagian saat kapasitas baterai lithium-ion tinggal sepertiga sebenarnya memiliki beberapa manfaat positif untuk umur panjang sel.

Saat hampir kosong, baterai Li-ion menarik arus konstan dan beroperasi pada tegangan yang lebih rendah.

Tegangan ini berangsur-angsur meningkat saat sel mengisi, mendatar sekitar 70 persen muatan sebelum arus mulai turun hingga kapasitas penuh.

Berdasar riset Battery University, mengisi daya ponsel dalam kisaran 30 hingga 80 persen membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai baterai.

Ngecharge Sedikit, tapi Teratur
Isi ulang daya meski hanya sedikit tapi teratur jauh lebih baik untuk baterai Li-ion daripada siklus pengisian penuh yang lama.

Apalagi kini rata-rata smartphone modern memiliki teknologi baterai hemat daya.

Sebagai contoh, OPPO Reno5 yang memiliki baterai berkapasitas 4310mAh apabila di-charge selama 5 menit maka mampu memutar video selama 3 jam.

Sementara untuk mengisi daya penuh 100%, maka pengguna hanya perlu menyetrum OPPO Reno5 selama 48 menit, sebagaimana diukur dalam tes yang dilakukan oleh OPPO.

Sementara pada OPPO Reno5 5G, kapasitas baterainya lebih tinggi lagi yakni 65W SuperVOOC 2.0. Baterai ini cukup ampuh saat disetrum selama 5 menit bisa memberikan daya untuk penggunaan selama 4 jam.

Lamanya Pengisian Tergantung Banyak Hal
Waktu pengisian sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada kondisi spesifik perangkat atau perbedaan individu, seperti suhu lingkungan atau penurunan kinerja setelah penggunaan baterai.

Berdasarkan pengujian yang dilakukan di lab OPPO, sisa daya baterai yang ditampilkan dapat berbeda dari perangkat ke perangkat.

Hanya dengan 5% daya baterai, memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan di WhatsApp selama lebih dari 2 jam dengan peranti OPPO Reno5. Untuk memastikan akurasi dalam pengujian, "baterai 5%" didefinisikan sebagai setara dengan 5% baterai 4310mAh, yaitu 215,5mAh.

Jangan Mengisi Baterai Sambil Ngegame
Bermain game atau menonton video saat mengisi daya sebenarnya juga tidak disarankan karena bisa mengganggu siklus pengisian daya.

OPPO pun telah menyediakan 5-layer Charging Protection & Multi-cooling System untuk memastikan pengisian daya yang aman di OPPO Reno5 Series guna mencegah bahaya dari baterai ke adaptor.

Namun demikian, cara terbaik agar aman dan baterai cepat terisi adalah membiarkannya menganggur hampir sepanjang waktu hingga baterai terisi dengan cukup daya.

Panas Berdampak pada Masa Pakai Baterai
Selain pemakaian dan pengisian daya yang benar, suhu juga menjadi kontributor utama untuk umur baterai yang panjang.

Sama seperti voltase tinggi, suhu tinggi membuat baterai stres dan membuatnya kehilangan kapasitas jauh lebih cepat daripada saat disimpan pada suhu yang lebih rendah.

Suhu ideal untuk memaksimalkan masa pakai baterai adalah antara 20 dan 50 ° C.

Manfaatkan Fast Charging
Hadirnya teknologi pengisian daya cepat seperti fast charging atau VOOC pada ponsel OPPO adalah untuk membantu pengguna bisa mengisi ulang baterai ponsel dengan cepat dan tetap aman.



Seringkali konsumen bertindak sembarangan saat mengisi ulang daya baterai dengan jenis charger seadanya atau bukan bawaan dari ponselnya.

Penggunaan model charger yang tidak tepat juga berpotensi memperpendek umur baterai, selain menyebabkan potensi kerusakan lain pada smartphone.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2025 seconds (0.1#10.140)