Waspadalah Google, Huawei HarmonyOS Mulai Digunakan Ponsel Merek Lain

Senin, 22 Maret 2021 - 05:23 WIB
loading...
Waspadalah Google, Huawei HarmonyOS Mulai Digunakan Ponsel Merek Lain
Pada 7 Juli 2020, Huawei secara resmi mengumumkan HMS Core 5.0 untuk para pengembang global. Namun, perusahaan secara resmi merilis sistem secara global pada 10 September. Foto/Ist
SHENZHEN - Setelah larangan Huawei oleh AS, pabrikan China itu meluncurkan sistem operasinya sendiri, HarmonyOS . Sama seperti Google Mobile Services (GMS), Huawei juga harus meluncurkan Huawei Mobile Services (HMS). Baca juga: Resmikan HarmonyOS, Akhirnya Huawei Berani Head-to-Head Lawan Google Android

Saat ini, beberapa perangkat Huawei sudah menggunakan Layanan Seluler Huawei. Namun, publik seluler belum melihat smartphone dengan Harmony OS. Salah satu bahaya dari mengizinkan Huawei untuk meluncurkan sistemnya sendiri adalah bersaing langsung dengan Google.

Dan ini sudah terjadi! Laporan terbaru menunjukkan bahwa perangkat non-Huawei segera menggunakan HMS.

Menurut anggota staf Huawei, Akiba Ziluo, Meizu akan mengakses kemampuan layanan HMS Core Huawei. Dengan kata lain, perangkat Meizu akan memberikan dukungan bagi pengguna yang mengintegrasikan HMS Core melalui Layanan Seluler Huawei.

Pada 22 Juni tahun lalu, pabrikan China tersebut meluncurkan HMS Core 5. Selanjutnya pada 7 Juli tahun lalu, Huawei juga secara resmi mengumumkan HMS Core 5.0 untuk para pengembang global. Namun, perusahaan secara resmi merilis sistem ini secara global pada 10 September.



Pembukaan kapabilitas HMS Core 5.0 mencakup tujuh area, termasuk App Services, Graphics, Media, Artificial Intelligence (AI), Smart Device, Security, dan System.

Perlu disebutkan bahwa sistem HMS dan Harmoni Huawei tidak sama. Sementara HarmonyOS adalah sistem operasi, HMS adalah layanan di dalam sistem. HMS pada dasarnya adalah pengganti GMS (layanan seluler Google), tetapi sekarang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengembang dapat menggunakan ini untuk memungkinkan pengguna menggunakan pencarian Huawei, Gambar Huawei, Huawei Vena, Video Huawei, Pasar Aplikasi Huawei, dan bahkan layanan akun Huawei.

Tentu saja, layanan hak cipta digital paling dasar, penyimpanan cloud Huawei, layanan pembelajaran mesin Huawei, layanan teknologi panorama, pembayaran dalam aplikasi, layanan periklanan, layanan push, layanan analisis, dan fungsi lainnya juga merupakan bagian dari layanan ini.

Giz China menyebutkan, HMS Core saat ini berlaku untuk tiga sistem utama Android, HarmonyOS, dan LiteOS. Ini dapat memberikan dukungan untuk rangkaian aplikasi Huawei pada sistem terminal. Pengembang aplikasi dapat mengunjungi situs web resmi Huawei untuk konten lainnya dan persyaratan integrasi.

Dengan larangan Huawei, pabrikan China lainnya tahu bahwa mereka tidak sepenuhnya aman dari sanksi AS. Semakin dini mereka mencari alternatif untuk teknologi Amerika, semakin baik bagi pabrikan. Baca juga: Kagumi Kehebatan Kopassus dan Kopaska, Militer Asing Sebut Prajurit TNI Sakti
(iqb)
preload video
Komentar Anda