Viral Foto Kapal Tanker Terlihat Melayang di Atas Lautan, Ini Penjelasannya

Senin, 08 Maret 2021 - 15:50 WIB
loading...
Viral Foto Kapal Tanker Terlihat Melayang di Atas Lautan, Ini Penjelasannya
Foto kapal melayang di atas lautan diambil oleh seorang warga Inggris bernama David Morris. Tentu hal ini bukanlah hal gaib, melainkan ilusi optik. Foto/David Morris
A A A
LONDON - Viral penampakan sebuah kapal tanker yang seakan melayang di atas lautan sempat ramai dibicarakan di media sosial . Foto itu diambil oleh seorang warga Inggris bernama David Morris. Tentu hal ini bukanlah hal gaib, melainkan ilusi optik.

Mengutip dari Guardian, Senin (8/3/2021), kejadian ini disebut ilusi fatamorgana superior. Fenomena serupa biasa terjadi di wilayah Arktik. Walaupun sangat langka, tetapi kadang terjadi di Inggris pada musim dingin jika kondisinya tepat.

Biasanya, fatamorgana yang mudah terlihat adalah seakan terlihatnya air di tengah cuaca yang panas terik Matahari. Fatamorgana superior juga disebabkan oleh cuaca yakni ketika temperatur terbalik.

Normalnya, temperatur udara turun jika ketinggian meningkat. Tetapi saat temperatur terbalik, udara hangat berada di atas udara dingin, sehingga membuat ilusi optik yang mengecoh mata manusia.

Pada kasus kapal tanker melayang ini, ketika udara dingin lebih padat dari udara hangat, membuat sinar dari kapal itu dialihkan oleh udara dingin sebelum sampai ke mata yang melihat. Itu sebabnya posisi kapal terlihat lebih tinggi dari yang seharusnya.

"Fatamorgana superior muncul karena kondisi cuaca yang dikenal sebagai temperature inversion, ketika udara dingin berada dekat dengan lautan dan udara hangat di atasnya," tutur David Braine, seorang ahli meteorologi di Inggris.
(iqb)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2200 seconds (0.1#10.140)
pixels