OpenSignal: Kualitas Jaringan 4G LTE di Indonesia Luar Biasa

Sabtu, 06 Maret 2021 - 20:55 WIB
loading...
OpenSignal: Kualitas Jaringan 4G LTE di Indonesia Luar Biasa
Menurut laporan OpenSignal, sebagian besar operator di Indonesia telah mengalami kemajuan yang mengesankan dalam beberapa kategori utama pengalaman seluler. Foto: dok Telkomsel
A A A
JAKARTA - Perusahan mobile analitik Opensignal kembali menerbitkan laporan berjudul Global Mobile Network Experience Awards 2021 . Laporan ini membandingkan kualitas seluler pada berbagai operator di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Menurut laporan OpenSignal, sebagian besar operator di Indonesia telah mengalami kemajuan yang mengesankan dalam beberapa kategori utama pengalaman seluler.



Selain itu, laporan juga menyebut kualitas jaringan Smartfren dan 3 (Tri Indonesia) telah diakui dalam tingkat global untuk kategori Pengalaman Jangkauan 4G (4G Availability). Smartfren juga mendapatkan skor tertinggi (98%) dalam Pengalaman Jangkauan 4G se-Asia Tenggara.

Sebagai metodologi, Opensignal menggunakan data selama 180 hari pertama di pertengahan tahun 2020, demikian dikutip dari keterangan resmi, Sabtu (6/3).

Perusahaan ini juga turut menentukan Global Winners, Global Leader, dan Global High Performance untuk enam kategori pengalaman jaringan seluler, yaitu, Pengalaman Video, Pengalaman Games, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Pengunduhan, Pengalaman Kecepatan Pengunggahan dan Pengalaman Jangkauan 4G.

Opensignal juga memiliki kategori penghargaan lain yaitu Global Rising Star yang terdiri dari 30 operator teratas. Dan beberapa operator di Indonesia tepilih sebagai Global Rising Star. Salah satunya Smartfren yang terpilih sebagai Global Rising Star untuk Pengalaman Aplikasi Suara. Serta XL yang juga turut terpilih untuk dua kategori yaitu Pengalaman Aplikasi Suara dan Pengalaman Kecepatan Pengunduhan.

Sementara 3 terpilih untuk tiga kategori pengalaman seluler yakni Pengalaman Video, Pengalaman Aplikasi Suara, dan Pengalaman Kecepatan Pengunduhan.

Sedangkan Indosat, menjadi salah satu dari 14 operator yang terpilih menjadi Global Rising Star dengan empat dari lima kategori, yaitu Pengalaman Video, Pengalaman Aplikasi Suara, Pengalaman Kecepatan Pengunduhan, dan Pengalaman Kecepatan Pengunggahan .


Operator berlogo kuning itu juga mendapat peningkatan persentase tertinggi kedua dalam perihal kecepatan rata-rata pengunduhan 52% dibandingkan semua operator Asia Tenggara.

Indosat juga mengalami peningkatan persentase tertinggi ketiga dalam Pengalaman Kecepatan Pengunggahan (45%) di Asia Tenggara.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3847 seconds (0.1#10.140)