realme narzo 30A Review: Ponsel Gaming Sejutaan, Performa Andal

Rabu, 03 Maret 2021 - 19:05 WIB
loading...
realme narzo 30A Review: Ponsel Gaming Sejutaan, Performa Andal
Sektor performa paling diandalkan pada realme narzo 30A ini. Ponsel dibekali chipset gaming yakni MediaTek Helio G85.
JAKARTA - Memasuki tahun 2021, berbagai vendor smartphone berlomba mengeluarkan produk baru mereka di Tanah Air. realme agak berbeda, mereka terlihat lebih tenang dan memilih untuk mengambil momen sebelum benar-benar mengeluarkan produk ponsel pertamanya di 2021. Baca juga: Gawat, Sebagian Kehidupan di Bumi akan Mati karena Kekurangan Oksigen

Di Bulan Maret ini, persiapan realme tampaknya sudah selesai. Merek kembali membuktikan eksistensinya di Indonesia dengan meluncurkan smartphone yang dapat dikatakan sebagai the best value gaming smartphone di harga Rp1 jutaan.

Pada 24 Februari lalu, realme Indonesia secara resmi mengumumkan segera meluncurkan realme narzo 30A . Akhirnya sore hari tadi, smartphone tersebut dirilis dengan harga cukup menggiurkan. Dengan spesifikasi yang dijabarkan, realme dapat mengemasnya ke dalam sebuah ponsel yang dibanderol hanya seharga satu jutaan rupiah. Lantas, bagaimana sebenarnya performa dari smartphone ini?

Kami sendiri berkesempatan untuk mencoba realme narzo 30A selama sepekan. Kami mencoba dan mengetes berbagai fitur yang ada pada smartphone ini saat menjalani "kehidupan" sehari-hari.

Performa
Sektor performa yang paling diandalkan pada realme narzo 30A ini. Secara keseluruhan, performa dari ponsel ini dapat dikatakan cukup memuaskan. Dengan harga sejutaan, realme dapat memberikan kemampuan chipset yang mengagumkan, dilengkapi baterai yang besar, dan menggabungkan semua hal tersebut ke dalam satu smartphone harga sejutaan.
realme narzo 30A Review: Ponsel Gaming Sejutaan, Performa Andal

realme narzo 30A mempunyai chipset gaming yaitu MediaTek Helio G85, senjata utama smartphone ini. Untuk bermain game, ponsel tersebut sukses memainkan beberapa game favorit seperti Mobile Legends atau PUBG tanpa kendala. Pada saat bermain dengan smartphone ini, tidak ada lag atau frame yang patah, dan permainan tergolong berjalan cukup mulus dengan pengaturan game standar.



Berdasarkan skor AnTuTu yang kami jalankan, realme narzo 30A berhasil meraih skor sekitar 200 ribuan lebih untuk beberapa kali percobaan, menandakan smartphone ini mempunyai kekuatan yang cukup konstan dari waktu ke waktu.

Tidak hanya untuk gaming, smartphone ini juga terbilang cukup baik untuk kebutuhan multi-tasking. Dalam hal ini, realme narzo 30A terbukti dapat membuka beberapa aplikasi tanpa hambatan. Dalam kebutuhan media sosial, unit memberikan performa cukup baik untuk digunakan.

Berbicara performa, smartphone ini tidak lepas dari salah satu fitur terbaiknya yang terletak pada baterai. Pada realme narzo 30A, realme menaruh baterai yang sangat besar yaknin 6000mAh. Baterai ini dikabarkan mampu bertahan selama 40 hari lebih dalam keadaan standby.

Namun berdasarkan pemakaian kami, dengan signal tersambung selama 24 jam, smartphone ini dapat bertahan selama hampir 2 hari untuk berbagai jenis kegiatan normal. Untuk bermain game, realme narzo 30A ini mampu bertahan hingga 10 jam non-stop atau 20 jam untuk menonton film online.

Untuk memperkuat fitur baterai, realme tidak lupa menyematkan charger yang tidak kalah baik dari baterainya. Pada realme narzo 30A, realme menempatkan charger 18W Quick Charge yang dapat mengisi daya smartphone ini dalam waktu 2,5-3 jam. Pengisian daya dapat dikatakan cukup memakan waktu, namun dengan performa baterai yang diberikan, dapat disimpulkan bahwa waktu penggunaannya sebanding dengan waktu pengisian dayanya.



Desain
realme narzo 30A mempunyai desain yang tergolong segar. Badan belakang dari smartphone ini mempunyai tekstur doff sehingga sidik jari tidak terlalu menempel di perangkat ini. Lambang narzo ada di bawah kamera sehingga realme tetap dapat memasarkan lini narzo ini ke masyarakat tanpa harus takut tertutupi oleh tangan saat penggunanya melakukan mirror selfie.
realme narzo 30A Review: Ponsel Gaming Sejutaan, Performa Andal

Desain diagonal yang tidak menyeluruh mempermanis badan bagian belakang smartphone. Desain diagonal tersebut juga terlihat menarik dan dinamis karena terlihat berbeda sesuai dengan pantulan cahaya yang terpantulkan.

Pada bagian kiri atas terdapat kamera ganda yang terletak di dalam kotak berwarna hitam bersamaan dengan flash kamera. Tidak hanya itu, pada bagian belakang terdapat juga sensor sidik jari yang nyaman dan sesuai dengan jangkauan jari.

Tidak lupa, realme menaruh layar sebesar 6,5 inci dengan jenis layar mini-drop yang menjadikan layar terlihat besar. Rasio bodi ke layarnya sendiri tergolong besar dengan 88,7%, sehingga para penggunanya dapat menggunakan smartphone ini untuk berbagai kegiatan dengan nyaman.
halaman ke-1
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE