Dua Musuh AS, Huawei dan ZTE, Bantu China Pimpin Dunia di Teknologi 6G

Jum'at, 19 Februari 2021 - 23:40 WIB
loading...
Dua Musuh AS, Huawei dan ZTE, Bantu China Pimpin Dunia di Teknologi 6G
Huawei dan ZTE sudah melakukan penelitian 6G sejak lama dan sekarang mereka bersiap membantu China memimpin jaringan generasi keenam itu di dunia. Foto/Ist
BEIJING - Dua musuh AS di bidang teknologi, Huawei dan ZTE , membantu China memimpin dunia dalam mengeksplorasi teknologi 6G . Baca juga: Amerika Panik China Sukses Uji 6G yang 100 Kali Lebih Cepat dari 5G

Di bidang 5G, China, meskipun bukan yang pertama mengomersilkan jaringan internet generasi kelima di dunia, mereka terbukti telah menjadi yang terdepan. China juga menguasai 70% pangsa jaringan koneksi 5G global pada 2020.

Namun, bagi China, ini adalah kemenangan yang sulit. Dan tentu saja mereka tidak ingin kehilangan keuntungan yang diperoleh dengan susah payah tersebut. Karena itu, mereka sudah sejak dini menggarap pengembangan jaringan generasi berikutnya 6G.

Huawei dan ZTE Memimpin
Huawei telah menjadi pemimpin dunia di bidang 5G. Pada kuartal ketiga tahun 2020, Huawei menyumbang 32,8% dari pasar peralatan komunikasi global, peringkat pertama di dunia.

Mengenai teknologi komunikasi baru ini, Huawei memulai penelitian sejak dini. Menurut CEO Huawei, Ren Zhengfei, penelitian 6G Huawei telah dilakukan bersamaan dengan 5G.



Ini membuat Huawei selangkah lebih maju di bidang baru. Ren Zhengfei dengan yakin dapat mengatakan bahwa Huawei juga akan memimpin dalam enam-G.

Pada Juni 2020, Huawei bergandengan tangan dengan China Unicom dan Galaxy Aerospace untuk mencapai kesepakatan kemitraan strategis integrasi udara-ruang-darat untuk bersama-sama mengembangkan koneksi 6G. Di Prancis, Huawei juga telah membangun pusat R&D 6G.

Selain Huawei, ZTE, raksasa komunikasi besar lainnya di China, juga telah mengembangkan 6G. ZTE Corporation telah memperjelas bahwa tim pra-penelitian perusahaan sedang meningkatkan untuk mengatasi berbagai teknologi prototipe enam-G utama.

Giz China melaporkan, saat menjawab pertanyaan dari investor pada 28 Desember, ZTE kembali menyatakan bahwa perusahaan telah melakukan investasi pada R&D 6G. Perusahaan juga secara aktif melakukan pertukaran dan kerja sama dengan rekan industrinya.

China Mempercepat 6G
Di bawah kepemimpinan Huawei dan ZTE, 6G China mempercepat penelitian dan pengembangannya. Saat ini, banyak operator lokal, vendor peralatan, vendor terminal, dan perusahaan lain yang tertarik telah merilis buku putih 6G dan membuat beberapa tata letak dan prediksi 6G.



Pada November 2020, China juga memimpin dalam meluncurkan satelit eksperimental komunikasi 6G, mewujudkan penelitian dan pengembangan ruang gelombang terahertz pertama di dunia. Ini membawa penelitian 6G China ke depan selangkah lebih maju.

Pabrikan terkemuka saat ini dalam rantai industri, seperti antena dan frekuensi radio, juga telah menerapkan teknologi terkait. Saat ini, rantai industri China sedang mengumpulkan kekuatan untuk menerobos.

Terobosan 6G
Meskipun standar komunikasi 6G belum dirumuskan, negara-negara telah mencapai konsensus tentang perbaikan yang akan dilakukan 6G. Dan 6G memiliki dua karakteristik berbeda.

1. Jangkauan Sinyal Global
Komunikasi 6G tidak lagi terbatas pada komunikasi terestrial. Jadi jaringan komunikasi terestrial akan dihubungkan dengan satelit komunikasi untuk mencapai jangkauan sinyal global melalui darat, laut dan udara. Pada saat itu, ada juga sinyal yang tidak terhalang di area yang tidak dapat diakses seperti lautan, gurun, dan pegunungan yang dalam.

2. Kecepatan yang Lebih Cepat
Dibandingkan dengan 5G, kecepatan 6G akan menjadi 50 kali lipat dari 5G, dan penundaan akan sangat berkurang. Dengan cara ini, telemedicine dan pendidikan jarak jauh juga akan melangkah lebih jauh.

Namun, lompatan dari 5G ke generasi baru masih perlu diatasi banyak masalah. Seperti peningkatan materi aplikasi dan penerapan gelombang milimeter 5G. 6G akan mengantarkan komersialisasi pada tahun 2030. Baca juga: Polda Metro Jaya Buka Layanan Hotline Kasus Mafia Tanah
(iqb)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE