Bocoran Mata Uang Digital China Hebohkan Dunia Maya

Jum'at, 17 April 2020 - 20:35 WIB
loading...
Bocoran Mata Uang Digital China Hebohkan Dunia Maya
Tampak tangkapan layar mata uang digital China yang beredar di media sosial. Foto/ist
A A A
BEIJING - Linimasa jagat maya dihebohkan dengan kemunculan mata uang digital China. Kemunculannya ditandai dengan tangkapan layar yang memperlihatkan visual uang tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, muncul prediksi bahwa Bank Sentral China, People Bank of China (PBoC) akan segera meluncurkannya secara resmi dalam waktu dekat ini.

Dari tangkapan layar itu, terlihat sebuah aplikasi mata uang digital. Beberapa fiturnya serupa dengan platform pembayaran digital lain, seperti Alipay milik Alibaba dan WeChatPay milik Tencent.

Melansir dari South China Morning Post, Jumat (17/4/2020), tangkapan layar itu sudah banyak beredar di sosial media China. Kabarnya, salah satu bank besar di China, Agricultural Bank of China, adalah pihak yang sedang melakukan uji coba uang digital itu dalam skala kecil.

Namun pengujian mata uang digital ini sebenarnya telah berlangsung selama beberapa bulan di bank-bank milik pemerintah China. Hanya proses uji coba seharusnya dirahasiakan. Kendati demikian, Lembaga Penelitian Uang Digital, di bawah naungan PBoC, enggan mengonfirmasi serta mengomentari lebih lanjut perihal kemunculan tangkapan layar itu.

China merupakan negara pertama yang melakukan eksplorasi mata uang digitalnya sendiri. Pengawasannya dilakukan secara ketat oleh PBoC. Di sisi lain, PBoC juga telah menindak perdagangan mata uang digital lainnya dan melarang bank menerima cryptocurrency, seperti bitcoin, karena dinilai mengganggu stabilitas keuangan.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2174 seconds (0.1#10.140)