3 Cara Bukalapak dukung Pedagang Online Agar Lebih Cuan Selama Pandemi

Minggu, 07 Februari 2021 - 16:05 WIB
loading...
3 Cara Bukalapak dukung Pedagang Online Agar Lebih Cuan Selama Pandemi
Memberi tarif layanan 0,5 persen jadi salah satu upaya Bukalapak untuk mendukung ketahanan bisnis UMKM.
JAKARTA - Bukalapak memberi sejumlah kemudahan agar pelapak atau UMKM yang berjualan di platform mereka lebih mudah bertransaksi dan mendapat keuntungan.

Era pandemi membawa peningkatan jumlah UMKM yang go digital . Namun juga menimbulkan tantangan baru. Terutama di area ketahanan bisnis. ”Ini yang ingin kami bantu dengan beragam program dan biaya layanan paling murah,” ujar VP Marketplace Bukalapak, Kurnia Rosyada.

BACA JUGA: Alasan Komunitas Bukalapak Paling Vibrant Dibanding Marketplace Lainnya

Sejauh ini, Bukalapak sudah merilis fitur baru seperti Discount Package , tampilan lapak yang baru, hingga Dashboard Analytics untuk memonitor pendapatan dengan lebih mudah dan menampilkan inspirasi pasar. ”Kami berharap Bukalapak bisa membantu para pelaku usaha kecil dan menengah,” ungkap Kurnia.

Nah, berikut langkah Bukalapak untuk menjaga pelapak betah bertransaksi sekaligus memungkinkan mereka mendapat cuan atau untung lebih besar:



1. Biaya Layanan Hanya 0,5 Persen
Sejak awal tahun ini, Bukalapak memberlakukan satu tarif untuk layanan Super Seller-nya yaitu sebesar 0.5%. Ini diklaim tarif termurah yang diberikan platform e-commerce di Indonesia untuk UMKM.

Adapun Super Seller sendiri adalah fitur layanan Bukalapak yang dirancang untuk membantu pelapak mendapat keuntungan lebih dari berjualan di platform Bukalapak. Yakni, hanya menyisihkan sebagian kecil dari hasil penjualan mereka.

Saat ini, ada lebih dari ratusan ribu pelaku UMKM yang terdaftar sebagai Super Seller di Bukalapak. ”Layanan Super Seller berpotensi membantu pelapak menaikkan transaksi hingga 15x lipat,” beber Kurnia. ”Mereka juga bisa mendapat gratis ongkos kirim, voucher cashback, budget promosi, hingga mengikuti program seperti flash deal,” ia menambahkan.

2. Kontes Pelapak Indonesia
Di awal bulan ini, Bukalapak juga meluncurkan Kontes Pelapak Indonesia. Yakni, program terbuka bagi para pelaku UMKM demi membantu meraih keuntungan lebih dari melalui berbagai hadiah menarik.

Misalnya saja bebas biaya layanan Super Seller selama 3 bulan, uang tunai senilai Rp150 juta untuk 126 pelapak Super Seller maupun yang baru mulai berjualan, serta Grand Prize Rp500 juta untuk pemenang utama.



Kontes Pelapak Indonesia akan berlangsung 1-28 Februari 2021 dengan rangkaian acara yang diawali oleh sesi edukasi dan pelatihan pengembangan bisnis untuk pelapak melalui online workshop sebelum mulai mengikuti kompetisi. Para pemenang kompetisi akan diumumkan pada 6 Maret 2021.

BACA JUGA: Ini Fitur-Fitur yang Bikin Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Android Termahal 2021

3. Kemudahan Upgrade Jadi Super Seller
AVP Marketplace Strategy & Merchant Policy Bukalapak Baskara Aditama mendorong agar pelaku UMKM yang sudah bergabung di Bukalapak bisa segera upgrade menjadi pelapak Super Seller. ”Karena caranya sangat mudah dan benefitnya juga banyak sekali. Misalnya online workshop dengan berbagai tema,” ujarnya.
(dan)
preload video
Komentar Anda
TEKNO UPDATE