Masuk Daftar Hitam AS, Ponsel Xiaomi di China Diterpa Isu Layanan Google

Jum'at, 05 Februari 2021 - 22:07 WIB
loading...
Masuk Daftar Hitam AS, Ponsel Xiaomi di China Diterpa Isu Layanan Google
CEO Xiaomi, Lei Jun, saat memperlihatkan dua smartphone besutannya. Xiaomi tengah menggugat AS karena memasukkannya dalam daftar hitam. Foto/Ist
A A A
BEIJING - Beberapa hari lalu, ada laporan bahwa ponsel Xiaomi di China tidak akan dapat menginstal Google Mobile Services (GMS) lagi. Perusahaan baru saja menggunakan jejaring Weibo untuk mengklarifikasi laporan tersebut.

Pesannya berbunyi, “Kami telah memerhatikan bahwa beberapa netizen yang tidak mengetahui kebenaran dan self-media menyebar dan melaporkan konten terkait tentang ' Ponsel Xiaomi tidak lagi mendukung GMS '. Kami pikir situasi ini perlu diklarifikasi untuk menghindari informasi palsu.”

Giz China melaporkan, Xiaomi mengklaim Grup Jawaban Komunitas Xiaomi bukanlah perwakilan resmi Xiaomi. Ini menyiratkan bahwa informasi apa pun dari grup tidak dapat dianggap resmi. Lebih lanjut, Xiaomi mengatakan, laporan Xiaomi dan Layanan Google atau GMS di China sepenuhnya palsu.

Sebelumnya, pengguna dapat menginstal Layanan Google di ponsel Xiaomi sendiri. Namun perubahannya adalah pengguna di China tidak dapat menginstal Layanan Google sendiri. Xiaomi harus menginstal fitur ini terlebih dahulu agar berfungsi.

Model yang sudah memiliki Layanan Google akan tetap sama. Xiaomi mengklaim di masa depan akan merilis lebih banyak smartphone dengan Layanan Google yang sudah diinstal sebelumnya di China.

Sedangkan untuk ponsel Xiaomi di luar China, semua dapat menginstal Layanan Google Seluler. Ini adalah informasi terbaru yang datang dari Xiaomi terkait masalah tersebut.

Layanan Google Seluler diperlukan untuk menggunakan aplikasi Google utama, termasuk Google Play Store. Namun, di China, beberapa produsen tidak memasang Layanan Seluler Google di ponsel cerdas mereka, karena ada banyak toko alternatif yang menyediakan semua jenis aplikasi untuk pengguna.

Xiaomi Gugat Departemen Pertahanan dan Keuangan AS
Beberapa pabrikan China telah menghadapi pertempuran besar dengan Pemerintah AS -di bawah Administrasi Donald Trump- belakangan ini. Karena sebagian besar teknologi canggih untuk mengembangkan produk akhir adalah Amerika, maka larangan dari AS adalah masalah besar.

Huawei telah menangani larangan AS selama bertahun-tahun sekarang, tetapi kita semua tahu bahwa hanya masalah waktu sebelum perusahaan ponsel pintar China lainnya menghadapi pertempuran yang sama. Mempertimbangkan penambahannya baru-baru ini ke daftar entitas AS atau daftar hitam, Xiaomi mengambil langkah berani.

Xiaomi Group mengeluarkan pengumuman di Bursa Efek Hong Kong yang menyatakan bahwa mereka menggugat Departemen Pertahanan AS dan Departemen Keuangan AS.
(iqb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)