Gunakan Teknologi Nokia, 3 Indonesia Sediakan Koneksi Seluler di Pertambangan

Jum'at, 29 Januari 2021 - 22:05 WIB
loading...
Gunakan Teknologi Nokia, 3 Indonesia Sediakan Koneksi Seluler di Pertambangan
LTE Base Station over Public Backhaul dari 3 Indonesia dan Nokia yang ditempatkan di Morowali, Sulawesi Tengah. Foto/3 Indonesia.
A A A
MOROWALI - Sebagai upaya menjangkau lebih banyak lagi pelanggan di Tanah Air, tahun ini provider 3 Indonesia bekerja sama dengan Nokia , menerapkan LTE Base Station over Public Backhaul.

Penempatan itu dilakukan di Morowali , salah satu daerah pertambangan terbesar di Sulawesi Tengah, demi menghadirkan konektivitas selular di sana.

Pemasangan LTE Base Station (BTS) di daerah terpencil dan terisolasi, seperti di area pertambangan dan perkebunan, menghadirkan tantangan tersendiri karena membutuhkan banyak perangkat relai transmisi sebagai backhaul (jaringan pengalur).



"Tujuannya untuk menghubungkan BTS dengan BTS dan BTS ke jaringan inti (core network)," ujar M. Buldansyah, Wakil Presiden Direktur 3 Indonesia, dalam keterangan resminya, Jumat (29/1/2021).

Lebih lanjut, dia menerangkan, LTE Base Station over Public Backhaul dari Nokia dirancang untuk bisa bekerja dengan berbagai jenis backhaul, termasuk jaringan internet publik.

Dengan cara ini, saat koneksi internet publik tersedia, koneksi tersebut bisa digunakan sebagai backhaul transmisi, sehingga tidak perlu lagi memasang relai transmisi di daerah dengan medan yang sulit.

"Teknologi ini dapat mempermudah masyarakat di area pertambangan mendapatkan konektivitas selular dengan kualitas yang lebih baik," tambah Buldansyah.

Upaya 3 Indonesia dalam menerapkan LTE Base Station over Public Backhaul di daerah Morowali ini, diklaim sebagai salah satu bentuk komitmen 3 Indonesia dalam mewujudkan ketersediaan konektivitas mobile broadband di seluruh Indonesia.

"Penerapan teknologi ini menandai tonggak penting bagi unit 3Business kami dalam memberikan solusi inovatif untuk mengatasi tantangan dalam menghubungkan LTE Base Station di area yang sulit dan terpencil," kata Buldansyah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2782 seconds (0.1#10.140)