Sinyal Handphone di Bulan Ternyata Lebih Kuat ketimbang di Pedesaaan

Jum'at, 24 November 2023 - 10:49 WIB
loading...
Sinyal Handphone di Bulan Ternyata Lebih Kuat ketimbang di Pedesaaan
Nokia dan NASA bekerjasama untuk menyediakan jaringan 4G di Bulan. (Foto: Daily Mail)
A A A
JAKARTA - Siapa sangka, sinyal telepon di Bulan ternyata lebih bisa diandalkan ketimbang nyaris di semua pedesaan yang rata-rata berada di lokasi terpencil di berbagai penjuru dunia. Semua ini berkat kerjasama Nokia dan NASA untuk menyediakan jaringan 4G di Bulan.

Jaringan ini dapat bertahan di luar angkasa dan beroperasi di bawah suhu ekstrem serta tingkat radiasi tinggi. Sinyal ini akan memungkinkan koneksi langsung ke Bumi, memungkinkan kontrol misi untuk menerima data dan gambar serta mengoperasikan dua kendaraan Bulan secara jarak jauh saat mereka berkeliaran di permukaan.

Dikutip dari Daily Mail, Jumat (24/11/2023), Nokia mengatakan para insinyurnya tidak perlu menciptakan teknologi baru tapi cukup mengandalkan teknologi lama yang sudah menghubungkan miliaran ponsel pintar di Bumi.

Dapat dipastikan jaringan lunar pertama akan segera diluncurkan di salah satu lingkungan yang paling tidak ramah yang pernah dicapai oleh manusia, dengan jarak sekitar 240.000 mil dari Bumi.



Ironisnya, saat Bulan akan mendapatkan sinyal telepon yang handal banyak rumah dan fasilitas publik di Bumi belum merasakannya. Tak perlu jauh-jauh ke Asia atau Afrika, banyak rumah di pedesaan di Inggris belum mendapat jaringan telepon memadai.

Laporan Connected Nations dari Ofcom menemukan bahwa beberapa orang di Inggris hanya bisa bermimpi tentang koneksi yang akan dimiliki oleh mereka yang berada di luar angkasa.



Studi ini menemukan satu dari sepuluh 'bangunan dalam ruangan' di Ceredigion, Wales, masih tidak dapat mendapatkan cakupan 4G. Sementara itu, sekitar satu dari 20 tidak bisa mendapatkan koneksi di dalam batas otoritas West Devon, Richmondshire, dan Forest of Dean. Tidak ada satu tempat pun di Kepulauan Scilly yang menerima koneksi 4G dari salah satu operator 'Big Four'.

Satu-satunya otoritas yang melaporkan sinyal 100 persen dari semua jaringan di dalam ruangan adalah London, Hackney, Islington, Kensington dan Chelsea, serta Lambeth.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2411 seconds (0.1#10.140)